nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangun Rumah untuk Milenial, Pengembang Minta Insentif

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 12:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 17 470 1992299 bangun-rumah-untuk-milenial-pengembang-minta-insentif-mHf7sG839S.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Generasi milenial disebut-sebut akan sulit untuk memiliki hunian pada masa saat ini. Hal tersebut menyusul semakin tingginya kenaikan harga properti sedangkan kenaikan pendapatan bagi generasi milenial justru naik lambat.

Meskipun begitu, Managing Director Sinarmas Land Dhony Rahajoe mengatakan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan generasi milenial serta stakeholder terkait untuk menggairahkan minat beli properti dari generasi milenial.

 Baca Juga: Dear Milenial, Makan Ikan Asin demi Beli Rumah

Salah satunya adalah dari sisi pemerintah yang perlu melakukan pembangunan infrastruktur secara terus menerus. Karena menurutnya, dengan pembangunan infrastruktur semakin banyak akses rumah menuju tempat kerja.

Pasalnya, banyak generasi milenial yang enggan membeli rumah atau hunian yang jauh dari tempat kerja. Oleh karena itu, infrastruktur sangat penting agar waktu tempuh bisa dipangkas meskipun jaraknya agak sedikit jauh dari pusat ekonomi.

"Saya lihat ada tren yang bagus bagi perkembangan infrastruktur bukan saja di kota," ujarnya dalam acara property Outlook di Komplek Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (17/12/2018).

 Baca Juga: Ada KPR Khusus, Rumah Milenial Akan Dibangun di Wilayah Penopang Jakarta

Selain itu, pemerintah juga harus memberikan terobosan-teerobosan baru untuk merangsang minat beli generasi milenial. Misalnya adalah dengan memberikan insentif-insentif kepada generasi milenial sebagai pembeli dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) khusus milenial.

Selain itu, pemerintah juga bisa memberikan insentif kepada para pengembang khususnya dalam pembebasan tanah. Karena menurutnya, sangat sulit sekali bagi pengembang untuk mencari tanah dengan harga murah khususnya di pusat kota.

 Baca Juga: 5 Alasan Generasi Milenial Harus Cepat-Cepat Beli Rumah

Di sisi lain, pemerintah juga bisa memberikan insentif khususnya dalam hal perpajakan. Pasalnya, harga jual rumah rata-rata rendah, namun karena didukung dengan macam macam pajak seperti Pajak Penghasilan (PPN), Pajak Penghasilan (PPh), hingga Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

"Insentif yang dilakukan oleh pemerintah. Kesadaran itu sudah ada. Kalau pemerintah tidak mau mengikuti kemauan milenial ketinggalan," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini