nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aturan Lengkap Baru Taksi Online, dari Keamanan hingga Pelayanan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 18:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 18 320 1993033 aturan-lengkap-baru-taksi-online-dari-keamanan-hingga-pelayanan-5B8OZXAs56.jpg Taksi Online Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menandatangani pergantian regulasi baru terkait Peraturan Menteri (PM) 108 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek atau taksi online.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, aturan baru tersebut nantinya mempunyai standar pelayanan minimal (SPM). Di mana di dalam SPM ini ada lima aspek refleksi dalam bisnis angkutan sewa khusus.

Baca Juga: Aturan Taksi Online Berubah Lagi, Uji KIR dan Stiker Tidak Wajib

"Pertama menyangkut sistem keamanan perlindungan yang diberikan baik dari pengemudi maupaun penumpang agar, terhindar dari perbuatan kriminal seperti pembunuhan atau pelecehan seksual," ujarnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Kemudian, lanjut dia, pihak pengemudi atau penumpang selesai antar jemput tidak bisa lagi melakukan komunikasi. Karena sudah ada tombol panic bottom atau tombol darurat.

"Di mana caranya penumpang sebelum naik mengakses ke pengemudi itu akan share lokasi kepada tiga temannya itu," tuturnya.

Baca Juga: Aturan Baru Taksi Online Ditargetkan Terbit Akhir Desember

Dia menjelaskan, untuk yang kedua yaitu keselamatan baik dari pengemudi dan penumpang. Ketiga yaitu kenyamanan seperti pengemudi harus bersih dan rapih seperti menggunakn sepatu tidak memakai sendal, sebab kasihan penumpangnya.

"Untuk keempat yakni keterjangkauan dan terkahir itu keteraturan. Lima aspek itu akan dipenuhi dari kendaraannya. Dan akan di mulai pada enam bulan ke depan," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini