Baru Diresmikan Presiden Jokowi, Lereng Jalan Tol Salatiga-Kartasura Ambrol

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 26 320 1996219 baru-diresmikan-presiden-jokowi-lereng-jalan-tol-salatiga-kartasura-ambrol-5z9lRpUW8W.jpg Tol Salatiga-Kartasura (Foto: PUPR)

JAKARTA - Baru diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, lereng jalan Tol Salatiga-Kartasura dikabarkan mengalami ambrol. Ambrolnya lereng jalan tol tersebut berada di Kilometer 489 di Wilayah Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) David Wijayanto mengatakan, ambrolnya lereng jalan dikarenakan ikan deras yang mengguyur Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Sedangkan saluran air yang ada disana belum bekerja secara maksimal.

"Dua hari lalu tanggal 24 Desember 2018 terjadi di Kilometer 489+500 arah Salatiga menuju Solo di Jalan Tol Salatiga Kertasuea terjadi lereng tergerus air hujan karena saluran air belum berfungsi optimal," ujarnya kepada Okezone, Rabu (26/12/2018).

Baca Juga: Jalan Tol Pertama di Sulut Beroperasi

David juga menyebut jika ambrolnya hanya terjadi di lereng jalan dan bukannya di badan jalan seperti isu yang beredar. Bahkan menurutnya, badan jalan tol tersebut masih utuh dan kokoh hingga saat ini.

"Jadi bukan badan jalannya ambrol atau ambles. Badan jalan masih utuh hanya lerengnya saja yang tergerus sepanjang 20 meter," jelasnya.

Sementara itu Corporate Secertary PT Jasa Marga (Persero) Tbk Agus Setiawan membenarkan ada longsoran lereng jalan yang terjadi di Jalan Tol Salatiga-Kartasura. Namun longsoran hanya terjadi di lereng jalan saja bukan di badan jalan.

Baca Juga: Besok, Jalan Tol Manado-Bitung Dibuka Fungsional

Para pengguna tol pun tidak perlu khawatir untuk melewati jalan tol yang baru diresmikan tersebut. Karena badan jalan masih aman untuk dilalui kendaraan. 

"Benar kerusakan akibat sekitar 20 meter di lereng jalan. Sama sekali tidak menganggu jalan dan pengguna jalan, operasional normal," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini