nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BRI Beberkan Manfaat KUR dan Kupedes

Mulyani, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 14:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 27 320 1996628 bri-beberkan-manfaat-kur-dan-kupedes-FggXRlZQan.jpg Pemaparan Hasi Riset KUR oleh Universitas Indonesia (Foto: Mulyani)

DEPOK - Dalam upaya memberdayakan ekonomi dalam negeri, pemerintah mempunyai beberapa program kredit salah satunya Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Umum Pedesaan (Kupedes).

"Khusus KUR saat ini bunganya semakin turun yakni sebesar 7%, yang artinya lebih meringankan nasabah khususya dalam modal usaha," ujar Komisaris Bank BRI Rofikoh Rokhim dalam acara Diseminasi Riset KUR dan Kupedes di Gedung Perpustakaan Universitas Indonesia, Kamis (27/12/2018).

KUR tidak hanya ditujukan untuk pedagang saja, terdapat pula KUR khusus Tenaga Kerja Indonesia (TKI), KUR khusus pertanian, KUR khusus ketahanan pangan dan yang lainnya. Bahkan bulan ini telah diresmikan KUR khusus peternakan.

Baca Juga: WeChat dan Alipay Ingin Beroperasi Legal di RI? Ini Syaratnya

Melihat hal ini, beberapa dosen dari Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, yakni Rofikoh Rokhim, Ida Ayu agung Wijayanti, Arief Wibisono Lubis, Winalda Perdana melakukan riset bidang social finance dan sustainable finance tentang creating shared value (CSV) atau pembentukan nilai bersama dengan pengambilan sampel nasabah KUR dan Kupedes dari nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Rofikoh menuturkan bahwa KUR ini tidak hanya untuk modal dalam melakukan usaha, tetapi ada hal yang lain yang lebih penting yakni creating shared value, di mana kredit ini tidak hanya sampai untuk membantu nasabah saja tetapi juga nasabah bisa membantu sekitar.

"Total kredit perbankan indonesia saat ini sebesar Rp5.137 triliun di mana 20%-nya atau Rp925 triliun itu kredit untuk UMKM. Dari Rp925 itu, Rp135 triliun berbentuk KUR." jelas Rofikoh.

Saat ini sudah terdapat beberapa bank yang menyalurkan KUR, baik BUMN maupun bank swasta yang baru mulai tahun ini.

Baca Juga: Finhacks 2018 #DataChallenge Siapkan Jumlah Hadiah Terbesar

Hasil riset tersebut dapat dijadikan sebagai masukan dalam memperbaiki proses maupun pengembangan bisnis ke depan bagi perusahan. Selain itu, untuk pemerintah, hasil riset ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk evaluasi kebijakan terhadap kredit program dan kredit mikro dalam memberikan akses pendanaan bagi masyarakat.

Sementara itu, Ida Ayu Agung menuturkan survei yang telah dilakukan bertujuan untuk melihat persepsi nasabah mengenai seberapa pentingnya penyaluran KUR dan Kupedes dari BRI dalam membantu nasabah menciptakan shared value bagi pemangku kepentingannya.

Survei tersebut dilakukan kepada 80.090 nasabah KUR dan 95.195 nasabah Kupedes melalui kuesioner yang diisi secara online pada periode 17-20 Desember 2018.

Kemudian didapatkan hasil penelitian yang menunjukan bahwa penyaluran kredit KUR dan Kupedes oleh BRI membantu nasabah menciptakan shared value atau pembentukan nilai bersama. Selain itu diketahui juga bahwa dampak kredit yang dirasakan lebih besar oleh nasabah Kupedes yang sudah well established. Sebab, program KUR memang masih baru dan skala usaha nasabah lebih kecil daripada program Kupedes.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini