nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Tsunami, Menhub Akui Jumlah Penumpang Kapal Menurun

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 21:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 27 320 1996846 pasca-tsunami-menhub-akui-jumlah-penumpang-kapal-menurun-FMOO4foATE.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Okezone

KARANGANYAR - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku ada sedikit efek dari terjangan Tsunami di Selat Sunda. Jumlah penumpang pasca Tsunami mengalami penurunan. Menhub menduga, penurunan jumlah penumpang yang menggunakan jasa Pelni itu terjadi dikarenakan masyarakat saat ini sangat berhati-hati.

"Pelni sejauh ini baik. Hanya saja mungkin masyarakat berhati-hati untuk menggunakan jasa Pelni. Sehingga penumpangnya agak menurun sedikit," papar Menhub usai ramp check armada bus di lokasi wisata Tawangmangu, Karanganyar, Kamis (27/12/2018).

Meski begitu, Menhub bersyukur saat Tsunami menerjang selat Sunda, tidak terjadi apa-apa pada seluruh kapal penyeberangan. Kendati saat itu ombak cukup tinggi menerjang, namun kondisi kapal dan penumpang saat itu seluruhnya selamat.

Baca Juga: Menhub: Erupsi Gunung Anak Krakatau Tak Pengaruhi Jalur Penerbangan

"Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa dan sekarang ini berjalan normal. Memang pada saat itu terjadi ombak yang cukup besar. Tapi seluruh kapal,baik di Merak maupun di Bakauheni seluruhnya selamat," ujarnya.

Termasuk pelabuhan penyeberangan, setelah di cek langsung oleh pihaknya, tidak ada kerusakan sama sekali di pelabuhan.

"Kemarin saya sudah datang ke Banten (pelabuhan Merak) tidak ada kerusakan di Pelabuhan karena Tsunami. Insyaallah setelah masa ini akan membaik lagi," paparnya.

Sementara itu menyangkut cuaca ekstrim yang terjadi di Manado, Menhub telah menugaskan tim untuk memantau semua pelayaran jarak jauh di Indonesia bagian timur termasuk di Manado dan Ambon.

 

Pemantauan terhadap itu dilakukan, selain untuk memastikan keselamatan semua penumpangkapal, juga memastikan jalur pelayaran saat liburan Natal dan Tahun Baru di bagian Timur Indonesia itu tidak terganggu.

Dari pengalaman yang ada, setiap Natal dan musim liburan di penghujung tahun, jumlah penumpang mengalami peningkatan.

"Hari ini saya menugaskan tim ke Maluku dan wilayah lain di Indonesia bagian timur untuk melihat kondisi di sana. Biasannya kalau natal di sana (Manado dan Ambon) penumpangnya agak masif," terangnya.

Selain menggelar ramp check armada bus musim liburan di Karanganyar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri juga melakukan ramp check di lokasi wisata Ciater, Jawa Barat, lokasi wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini