nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub: Erupsi Gunung Anak Krakatau Tak Pengaruhi Jalur Penerbangan

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 20:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 27 320 1996827 menhub-erupsi-gunung-anak-krakatau-tak-pengaruhi-jalur-penerbangan-vHoKkuMLg9.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Okezone

KARANGANYAR - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda tidak mengganggu semua penerbangan.

Meski memastikan jalur penerbangan aman dan tidak terpengaruh adanya erupsi Gunung Anak Krakatau aman, namun pihaknya telah menugaskan tim untuk mengamati seberapa jauh belum ada dampak dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Sejauh ini belum ada dampak (terhadap jalur penerbangan). Tapi kami sudah menerjunkan tim untuk mengamati langsung, seberapa jauh belum ada dampak dari erupsi Gunung Anak Krakatau tersebut," terang Menhub usai ramp check armada bus di lokasi wisata Tawangmangu, Karanganyar, Kamis (27/12/2018).

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Erupsi, Otoritas Bandara Diminta Siaga

Menyangkut banyaknya pesawat yang terpaksa mengalihkan pendaratan di bandara yang lain, Menhub menegaskan pengalihan penerbangan itu bukan disebabkan efek dari abu erupsi Gunung Anak Krakatau.

Namun pengalihan pendaratan yang dilakukan maskapai ke bandara lainnya itu kebanyakan terjadi karena adannya perbaikan-perbaikan bandara.

Melihat Gunung Anak Krakatau Mengeluarkan Abu Vulkanik Melalui Pesawat 

"Kalaupun dialihkan (pendaratan) bukan karena abu (erupsi Gunung Anak Krakatau), tapi karena adanya perbaikan-perbaikan, sehingga terpaksa dialihkan ke bandara yang lain. Penerbangan sejauh ini aman,"ungkapnya.

Selain menggelar ramp check armada bus musim lebaran di Karanganyar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri juga melakukan ramp check di lokasi wisata Ciater, Jawa Barat, lokasi wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini