nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OJK Restui Hapus Kewajiban Perusahaan Punya Direktur Independen

Senin 31 Desember 2018 14:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 31 278 1998180 ojk-restui-hapus-kewajiban-perusahaan-punya-direktur-independen-2mSJgjYzUg.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya menyetujui rencana PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghapus kewajiban memiliki jabatan direktur independen bagi perusahaan yang listing di BEI.

Dengan demikian, BEI tinggal merealisasi kebijakan tersebut untuk diteruskan kepada emiten yang melantai di BEI.

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK Fahri Hilmi mengatakan, yang akan dihapus hanya direktur independen dan bukan komisaris independen.

"Karena sebenarnya fungsi pengawasan oleh direktur independen sudah dijalankan oleh komisaris independen," ujar Fahri seperti dikutip Harian Neraca, Jakarta, Senin (31/12/2018).

 Baca Juga: OJK Minta Pasar Modal Biayai UKM

Fahri menjelaskan, perusahaan di Indonesia menganut two-tier board system yaitu direksi dan komisaris. Jadi tugas pengawasan secara independen sudah terlaksana dengan adanya komisaris independen.

Sehingga direktur independen tidak diperlukan lagi. Adapun keuntungan bagi emiten adalah efisiensi. Asal tahu saja, perubahan regulasi ini akan diatur dalam rancangan perubahan peraturan nomor I-A tentang pencatatan saham dan efek bersifat ekuitas selain saham yang diterbitkan oleh perusahaan tercatat.

 Baca Juga: BEI Bakal Luncurkan Indeks Baru IDX80

Chairman Department of Finance Prasetya Mulya Business School Lukas Setia Atmaja pernah bilang, konsep kepengurusan yang diisi oleh direksi dan komisaris dirasa sudah cukup mewakili independensi.

Oleh karena itu, tidak mewajibkan adanya direktur independen di perusahaan tercatat tampaknya tidak akan berpengaruh banyak terhadap makna independensi serta makna pengawasan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini