nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliarder Elon Musk Ramal Masa Depan Manusia, Seperti Apa?

Mulyani, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 13:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 02 320 1998942 miliarder-elon-musk-ramal-masa-depan-manusia-seperti-apa-WwldkAHpn8.jpg Founder Terla Elon Musk (Foto: Reuters)

JAKARTA – CEO sekaligus pendiri Tesla dan SpaceX Elon Musk memprediksi masa depan dari produk-produk yang dia buat. Tidak hanya dengan visi yang luas, gagasan Musk beberapa kali mengubah persepsi masyarakat tentang teknologi masa depan.

Elon Musk merupakan salah satu inovator paling berpengaruh di dunia saat ini. Dengan perusahaan mobil listriknya yakni Tesla, perusahaan pesawat ruang angkasa SpaceX, dan usaha penggaliannya The Boring Company,d ia membantu membentuk masa depan.

Baca Juga: Elon Musk, Bos Tesla Dituduh Melakukan Penipuan Sekuritas

“Saya pikir sangat penting untuk memiliki masa depan yang menginspirasi dan menarik. Harus ada alasan mengapa anda harus bangun di pagi hari dan tetap ingin hidup. Seperti, mengapa Anda ingin hidup? Apa gunanya? Apa yang menginspirasi Anda? Apa yang Anda sukai tentang masa depan?” ujar miliarder CEO Tesla Elon Musk dalam pidatonya di TED 2017.

Bagi Musk, manusia harus membangun kenyataan bahwa manusia hidup di banyak planet. "Dan jika kita tidak di luar sana, jika masa depan tidak termasuk di luar sana, di antara bintang-bintang dan menjadi spesies multi-planet, saya rasa itu sangat menyedihkan jika itu bukan masa depan yang akan kita miliki," kata Musk .

Berikut tiga prediksi masa depan dari Elon Musk, dilansir dari CNBC, Rabu (2/12/2019).

1. Dalam tujuh hingga 10 Tahun, Manusia akan Menjajah Mars

Menurut Mask, butuh waktu tujuh sampai 10 tahun kelompok manusia pertama yang menjajah Mars. Pendiri dan CEO SpaceX ini mengatakan ada peluang 70% untuk dia pergi ke Mars juga.

“Perusahaan ruang angkasa baru-baru ini membuat sejumlah terobosan yang benar-benar membuat saya bersemangat," katanya kepada Axios pada November lalu.

Baca Juga: Fakta Sederet Milarder yang Kekayaannya Naik Turun pada 2018

Namun Mask mengatakan, ini akan sangat berisiko bagi mereka yang pergi dulu ke Mars.

"Ini akan sulit, ada peluang untuk mati di sana. Anda mungkin akan mendarat dengan sukses, namun begitu Anda mendarat, Anda akan bekerja tanpa henti untuk membangun pangkalan. Jadi tidak banyak waktu untuk bersantai. Begitu Anda sampai di sana, ada lingkungan yang sangat keras, jadi ada kemungkinan Anda akan mati di sana,"kata Musk.

SpaceX bertujuan untuk mendapatkan roket kargo tak berawak ke Mars pada tahun 2024. “Semoga ada orang di dalamnya. Tapi saya pikir ada peluang yang cukup bagus untuk memiliki kapal tanpa awak pergi ke Mars. Kami akan mencoba melakukan ini,” ujarnya.

2. Otak Manusia akan Terhubung ke Komputer dalam 10 Tahun

Tidak cukup hanya Tesla, SpaceX, dan The Boring Compani, Musk juga sibuk dengan perusahaan lainnya, yakni Neuralink. Dalam perusahaan tersebut, dia mengembangkan antarmuka otak mesin bandwith untuk menghubungkan manusia dengan komputer.

“Aspirasi jangka panjang dengan Neuralink adalah untuk mencapai simbiosis dengan kecerdasan buatan, demi mencapai semacam demokratisasi intelijen sehingga tidak secara monopolitis diselenggarakan dalam bentuk digital saja oleh pemerintah dan perusahaan besar,” jelas Musk.

Hal itu akan dilakukan dengan menghubungkan elektroda komputer ke neuron otak manusia, memakai sebuah chip dan kabel-kabel kecil yang akan ditanamkan di tengkorak manusia.

3. Prototipe truk pickup 'cyberpunk' Tesla akan Hadir pada 2019

Musk telah bekerja sebanyak 120 jam dalam seminggu, untuk membuat produksi Modella Tesla meningkat, ia juga sudah menggembar-gemborkan produk barunya.

Musk memang belum menjelaskan tentang spesifikasi truknya. "Yah, saya tidak bisa membicarakan detailnya," katanya. Musk mengaku sangat senang dengan dengan truk pickup, dan menurutnya ini akan menjadi truk pickup dengan pemanfaatan teknologi tingkat tinggi yang sangat futuristik. Truk tersebut ia namakan truk pickup Blade Runner.

Bos Tesla mengatakan dia tidak terlalu yakin bahwa akan banyak orang yang ingin membeli versi truk ultra-futuristik pertama yang dia impikan. Jika desainnya tidak populer, maka Tesla akan membuat badan truk yang lebih tradisional, katanya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini