nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemilu hingga Teknologi Akan Berpengaruh pada Karier Anda di 2019

Minggu 06 Januari 2019 09:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 04 320 1999912 pemilu-hingga-teknologi-akan-berpengaruh-pada-karier-anda-di-2019-r8f3BaLSiW.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Tahun 2019 baru saja dimulai dan pastinya di tahun baru ini tentunya banyak harapan yang tersemat terutama dalam hal pekerjaan. Berikut ini ada beberapa hal yang nantinya bisa memengaruhi bisnis dan karier Anda selama tahun 2019.

Tentunya hal ini tidak akan rasakan secara langsung tetapi cukup bertahap. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut penjelasannya seperti dikutip Qerja, Jakarta, Minggu (6/1/2019).

Pemilu 2019

Tahun 2019 merupakan tahun politik yang biasanya cukup gaduh dan menjadi tahun yang banyak diantisipasi oleh pengusaha. Di tahun 2019 ini akan dilakukan pemilihan umum untuk memilih anggota legislatif hingga pemilihan Presiden.

 Baca Juga: 3 Alasan Milenial Pilih Resign, dari Gaji hingga Ribetnya Birokrasi Kantor

Hal ini tentunya secara tidak langsung akan berimbas kepada banyak hal termasuk karir dan juga pekerjaan Anda. Kebijakan-kebijakan baru yang mungkin muncul di tahun 2019 nantinya bisa menjadi peluang ataupun ancaman bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mulai menyiapkan diri lebih dini untuk menghadapi perubahan yang mungkin terjadi setelah dilaksanakannya Pemilu 2019.

Kenaikan Gaji PNS

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Pemerintah berencana untuk menaikan gaji PNS di tahun 2019 setelah lima tahun ini tidak mengalami kenaikan sama sekali.

Besaran kenaikan gaji PNS yang dijanjikan untuk tahun 2019 ini adalah sebesar 5%. Dengan adanya kenaikan gaji ini, Pemerintah berharap agar kehidupan para PNS bisa lebih sejahtera lagi.

 Baca Juga: Punya Gaji Tinggi, Wanita Karier Tetap Jalani Tugasnya di Rumah

Lalu, bagaimana kenaikan gaji ini akan berpengaruh nantinya? Dengan adanya kenaikan gaji ini ada akibat yang muncul yaitu meningkatnya daya beli dan konsumsi di kalangan PNS.

Peningkatan ini tentunya akan mengakibatkan adanya inflasi di masyarakat. Inflasi ini tentunya tidak akan terjadi secara langsung dalam tahap yang besar tetapi lebih terasa pada tingkat masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Kenaikan UMP 2019

Kenaikan UMP sebesar 8.03% juga menjadi salah satu faktor yang harus Anda perhatikan di tahun 2019. Kenaikan upah ini bisa menjadi beban yang cukup berat bagi pengusaha atau perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

 Baca Juga: 5 Ide Resolusi Karier di Tahun Baru bagi Pegawai Kantoran

Kenaikan besaran upah regional ini sebenarnya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan dan juga kemampuan konsumsi masyarakat kelas menengah kebawah. Tetapi, karena tahun 2019 merupakan tahun politik, tentunya pengusaha akan semakin berhati-hati dalam membelanjakan keuangan yang mereka miliki.

Perubahan Teknologi

Penggunaan teknologi dalam bisnis dan perusahaan tidak bisa kita hindari sama sekali. Trend teknologi di tahun 2019 tentunya juga akan berubah dibandingkan dengan tahun 2018 kemarin.

Tren teknologi digital dan juga sosial media tentunya akan mengalami perubahan di tahun 2019 ini. Anda harus mampu menyesuaikan pengetahuan Anda dengan teknologi yang akan muncul di tahun 2019.

Kesimpulan

Keempat faktor di atas tentunya menjadi sebuah peluang dan juga tantangan tersendiri bagi Anda di tahun 2019 ini. Secara garis besar, kemungkinan akan terjadi inflasi di tahun ini akan cukup tinggi disertai dengan iklim bisnis yang stagnan dan sedikitnya ekspansi pasar.

Hal ini disebabkan adanya agenda Pemilu 2019 yang akan diselenggarakan pada April 2019 sehingga pengusaha dan perusahaan akan lebih berhati-hati dalam melakukan bisnis. Tentunya kita berharap di tahun yang baru ini karier dan juga pekerjaan Qolega akan semakin lancar dan bersinar!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini