nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jepang Mulai Terapkan Pajak untuk Turis

Mulyani, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 09:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 20 2001347 jepang-mulai-terapkan-pajak-untuk-turis-WDb4Wfc6Qo.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – Pemerintah Jepang telah menerapkan pajak untuk turis lokal maupun turis asing yang akan meninggalkan negeri Sakura tersebut melalui jalur udara maupun laut, sejak Senin 7 Januari 2019.

Dilansir dari laman NHK, Selasa (8/1/2019), Pemerintah Jepang akan membebankan pajak baru sebesar 1.000 yen, atau sekitar USD9, kepada orang-orang yang meninggalkan negaranya melalui udara atau laut.

 Baca Juga: Jumlah Turis Asing ke RI Turun Imbas Banyaknya Bencana Alam

Ini adalah pajak nasional baru pertama yang diterapkan oleh Jepang sejak pajak nilai tanah diperkenalkan 27 tahun yang lalu.

Wisatawan harus membayar pajak saat membeli tiket. Adapun penumpang transit yang meninggalkan Jepang dalam 24 jam dan bayi berusia di bawah dua tahun akan dibebaskan dari perpajakan.

Selanjutnya, pemerintah Jepang memperkirakan bahwa pendapatan dari pajak baru tersebut mencapai USD55 juta, untuk tiga bulan terakhir yang berakhir pada bulan Maret, dan sekitar USD460 juta setiap tahun untuk tahun fiskal 2019 dan seterusnya.

 Baca Juga: Penerimaan Pajak 2018 Tidak Capai Target, Simak Fakta Kekurangannya

Pemerintah Jepang mengatakan, pendapatan dari pajak tersebut digunakan untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing tahunan dari 30 juta saat ini menjadi 40 juta pada tahun 2020.

Tahun ini, pemerintah Jepang berencana untuk memperkenalkan sistem pengenalan wajah di bandara untuk mempercepat prosedur imigrasi. Dia juga berencana untuk meningkatkan penjelasan multibahasa bagi pengunjung asing ke taman nasional dan aset budaya Jepang.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini