nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliarder Jepang Bagi-Bagi Uang Rp13 Miliar Via Twitter

Rikhza Hasan, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 14:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 08 320 2001534 miliarder-jepang-bagi-bagi-uang-rp13-miliar-via-twitter-na2uEZQLdC.jpg Yuzaku Maezawa (Foto: CNBC)

JAKARTA - Musisi rock asal Jepang Yusaku Maezawa sontak membuat heboh berkat cuitannya di Twitter. Cuitan tersebut mendapat 5,6 juta retweet lantaran akan memberikan 100 juta yen atau Rp13 miliar kurs Rp129,34 per yen, kepada 100 orang yang telah meretweet cuitannya tersebut.

Miliarder ini merupakan pendiri mode online terbesar di Jepang yang bernama ZOZO. “Tawaran hadiah ini sebagai perayaan berkat pendapatan ZOZO yang mencapai 10 miliar yen (setara USD92 juta) dalam penjualan selama liburan pada tahun 2018,” ujarnya dikutip dari laman Forbes, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Nilai kekayaan Maezawa sebesar USD2 miliar, berasal dari 36% sahamnya di ZOZO, yang diperdagangkan di Tokyo Stock Exchange. Sementara itu, harga sahamnya dikabarkan telah menurun sejak Juli 2018 dan anjlok 57% nilainya dalam enam bulan terakhir.

Perusahaan melaporkan penurunan laba dan penundaan produksi selama panggilan pendapatan pada awal November 2018. Sangat mungkin bahwa tweet tersebut dimaksudkan sebagai gimmick pemasaran untuk menarik perhatian ke ZOZO dan lebih meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Daftar 10 Anak Terkaya di Dunia, Ada Prince George hingga Jaylen Bledsoe

Yusaku mendapat ide untuk memulai ZOZO, yang dia dirikan pada tahun 1998, setelah pindah ke Amerika Serikat (AS) tak lama setelah lulus dari perguruan tinggi untuk mengejar karier sebagai drummer punk rock di California. Dia menemukan inspirasi dalam merchandise musik yang dijual di festival dan konser.

Dia memutuskan untuk membeli t-shirt bertema band, program, buku, dan CD serta mengirimnya kembali ke Jepang untuk dijual kembali. "Saya ingin berbagi musik dengan semua orang," jelasnya.

Yusaku juga menjadi perbincangan karena dia menghabiskan jutaan dolar untuk membeli seni kontemporer. Pada pertengahan 2017 dia menghabiskan USD110 juta untuk lukisan Basquiat.

Dia membeli karya-karya lain Basquiat dan juga Picasso. Dia membeli karya seni untuk dimasukkan ke museum yang dia rencanakan untuk dibangun di Chiba, sebuah kota di timur Tokyo.

Dia juga sempat menjadi pemberitaan dunia lantaran rencananya untuk keluar angkasa. CEO miliarder SpaceX, Elon Musk mengungkapkan, Yusaku telah membeli tiket untuk terbang mengelilingi bulan.

“Penerbangan itu akan menggunakan kendaraan StarsX milik SpaceX pada 2023 dengan jumlah yang masih dirahasiakan,” ujarnya.

Baca Juga: Kekayaan Miliarder Patrick Soon-Shiong Melesat, Tembus Rp98 Triliun

Miliarder Jepang ini berencana untuk membawa sekelompok seniman ke ruang angkasa. "Jika Pablo Picasso bisa melihat bulan dari dekat, lukisan seperti apa yang akan dia gambar? Jika John Lennon bisa melihat kelengkungan Bumi, lagu apa yang akan dia tulis? Saya harap proyek ini akan menginspirasi si pemimpi dalam diri kita masing-masing, ”tulis Maezawa dalam situs webnya untuk perjalanan ruang angkasa.

Semua itu dia lakukan untuk memberi kesan selain menjadi musisi. Dari rencananya terbang ke bulan, mengeluarkan jutaan dolar untuk karya senimerah, hingga memberi uang dengan Cuma-Cuma lewat Twitter. Hal tersebut membedakan Yusaku dengan para miliarder di dunia serta menjadikan dirinya sebagai topik perbincangan di dunia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini