10 Kehancuran Ekonomi Masa Lalu yang Gemparkan Dunia

Jamilah, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 05:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 09 320 2002210 10-kehancuran-ekonomi-masa-lalu-yang-gemparkan-dunia-ggD3qxJyy1.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Ekonom Adam Smith menjelaskan manusia merupakan makhluk ekonomi yang akan cenderung tidak pernah puas berusaha secara terus menerus dalam memenuhi kebutuhan.

Prinsip manusia sebagai makhluk ekonomi itulah yang mempengaruhi proses perekonomian dunia sejak zaman dulu. Di luar kemajuannya, ekonomi dunia mencatat setidaknya ada 10 kehancuran ekonomi masa lalu yang pernah melanda dunia.

Railroads dan Silver Crippled AS 1893

Kepanikan tahun 1893 adalah krisis ekonomi terburuk di Amerika Serikat (AS) hingga terjadinya Great Depression (Depresi Hebat). Ketika kereta api menjadi moda transportasi dominan di AS, spekulan berinvestasi besar-besaran dalam teknologi.

Banyak jalur kereta api terlalu memaksakan diri dan tidak bisa menutupi pengeluaran mereka. Pada 1893, raksasa Philadelphia dan Reading Railroad runtuh dan dinyatakan bangkrut. Pada saat sama ketika kereta api mulai merasakan adanya kesalahan pengelolaan, pasar perak terguncang.

Baca Selengkapnya: 10 Kehancuran Ekonomi Kuno Terbesar Sepanjang Masa

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini