nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Surat Utang Online Bunga 8,15%, Bagaimana Cara Belinya?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 13:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 10 20 2002537 ada-surat-utang-online-bunga-8-15-bagaimana-cara-belinya-rmcYOHCVLO.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hari ini resmi meluncurkan surat utang ritel yang dijual secara online atau Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR005. Instrumen investasi tersebut nantinya akan mulai dipasarkan pada 10 Januari hingga 24 Januari 2019 mendatang.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Loto S Ginting mengatakan, penerbitan surat utang ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan infratruktur. Artinya dengan membeli surat utang ini, maka masyarakat Indonesia mendukung dan membantu pemerintah dalam membangun negara.

"Caranya dengan mengeluarkan sumber pembiayaan SBN (surat berharga negara), salah satu jenis SBN untuk pembiayaan pembangunan negara kita adalah obligasi tabungan ritel," ujarnya dalam acara Peluncuran SBR005 di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

 Baca Juga: Pemerintah Jual Surat Utang Online dengan Bunga 8,15%, Bisa Dibeli Mulai Rp1 Juta

Adapun cara pembeliannya adalah pertama calon investor melakukan registrasi melalui sistem elektronik mitra distribusi. Dalam registrasi tersebut investor mengimput data diri, Nomor SID rekening dana nasabah dan rekening surat berharga.

Seperti diketahui, Mitra distribusi (midis) sendiri terdiri dari empat perusahaan berbasis teknologi informasi yaitu PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa) dan PT Star Mercato Capitale (Tanamduit), PT Mitrausaha Indonesia Group (Modalku), PT Investree Radhika Jaya (Investree), serta satu sekuritas dan enam bank. Perusahaan sekuritas yang menjadi midis adalah PT Trimegah Sekuritas Tbk (TRIM).

Adapun perbankan yang menjadi midis adalah PT Bank Permata Tbk (BNLI), PT Bank Negara Indonesia TBk (BBNI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

 Baca Juga: Beli Surat Utang Secara Online, Berapa Bunganya?

Setelah langkah pertama berhasil, kemudian pembeli melakukan pemesanan SBR005 setelah membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi SBR005. Selanjutnya bisa dilakukan pembayaran melalui Bank Persepsi (Bank, ATM, mobile banking) dalam batas waktu yang telah ditetapkan dengan menggunakan kode pembayaran yang muncul setelah pemesanan selesai dan atau yang dikirimkan melalui email.

Kemudian pemesanan telah sukses ditandai dengan diterimanya nomor transaksi penerimaan negara (NTPN) serta notifikasi dari mitra distribusi setelah proses setelmen dilakukan.

Sebagai informasi, tingkat kupon yang ditawarkan adalah sebesar 8,15% per tahun. Minimum pemesanan Rp1 juta dan maksimal Rp300 miliar dengan tenor jatuh tempo 2 tahun atau 10 Januari 2021.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini