nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos Bulog Pastikan RI Tak Perlu Impor Beras Beras hingga Juli 2019

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 12:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 10 320 2002519 bos-bulog-pastikan-ri-tak-perlu-impor-beras-beras-hingga-juli-2019-8Vis65OYPO.jpeg Foto: Dirut Perum Bulog Buwas (Okezone)

JAKARTA - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan tidak akan mengimpor beras sampai Juli 2019 dan menargetkan panen raya bisa serap 1,8 juta ton beras.

"Saya sampaikan, sampai Juli tahun ini kita tidak impor. Kemarin saya dengan tim Bulog, Mentan dibantu BPS sudah punya peta daerah mana saja yang akan panen di seluruh Indonesia. Kita sudah mengosongkan beberapa gudang di daerah. Kita targetkan untuk panen raya ini bisa serap 1,8 juta ton beras. Berarti gabahnya 2x lipat," ujar Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) di Jakarta, Kamis, (10/1/2019).

 Baca Juga: Buwas Tak Ingin Ada Impor Beras Tahun Depan

Dia menjelaskan, pihaknya telah kumpulkan kelompok tani untuk koordinasi dengan beberapa menteri. Oleh karena itu Bulog pastikan 1,8 juta ton beras itu tercapai. Apalagi, stok beras Bulog mencapai 2,1 juta ton.

"Jadi sekarang kita utamakan serap beras dalam negeri, kenapa? Karena penyerapannya lebih mudah. Kalau impor ada spesifikasi sendiri," tuturnya.

 Baca Juga: Menko Darmin: Kalau Tidak Impor Beras, Tewas

Intinya, lanjut dia, pihaknya ingin buat stok beras aman. Ini bukti bahwa Bulog sudah me-manage dengan baik dan sudah mulai hitung berapa kebutuhan berapa produksi dalam negeri, apakah butuh impor.

"Tadi pak Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga bilang kalau memang harus impor ya impor tapi sesuai kebutuhan kita," ungkapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini