nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Listrik Tidak Naik Bukan karena Politik, Ini Alasannya!

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 17:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 10 320 2002718 tarif-listrik-tidak-naik-bukan-karena-politik-ini-alasannya-1t9cvipnR3.jpg Meteran Listrik PLN (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memutuskan tarif listrik tidak akan naik sampai akhir 2019. Tidak adanya kenaikan tarif listrik bukan karena menjelang tahun politik.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik) Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, tarif listrik tidak naik bertujuan untuk menarik investor ke dalam negeri. Dengan tarif listrik yang murah, maka semakin banyak investor yang menanamkan modalnya atau membangun pabriknya di Indonesia.

Di sisi lain, dengan tidak dinaikannya tarif listrik bisa menjaga daya beli masyarakat. Uang yang didapat masyarakat nantinya bisa digunakan untuk spending kebutuhan lainya.

Baca Juga: Terungkap Fakta, Betapa Sulitnya Aliri Listrik di NTB dan Papua

"Supaya ada penarik untuk investor datang ke Indonesia menamamkan investasinya bangun pabrik dalam negeri karena tarif listriknya murah listriknya terjangkau," ujarnya saat ditemui di Kantor Ditjen Gatrik, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Soemmeng menjelaskan, dengan tidak dinaikannya tarif listrik, investor akan jauh lebih tertarik datang ke Indonesia. Sebaliknya jika tarif listrik semakin mahal, maka investor justru akan lari ke negara tetangga seperti Vietnam.

Semakin banyaknya investor yang datang tentunya akan berdampak pada perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Karena semakin banyak investor maka produksi dalam negeri juga semakin meningkat dan ekspor juga akan semakin besar.

Baca Juga: Seluruh Desa di Indonesia Ditargetkan Teraliri Listrik pada 2019

Tentu, jika semuanya teralisasi maka akan membuat neraca perdagangan Indonesia tidak lagi defisit seperti yang selalu dikeluhkan selama ini.

"Kalau enggak maka kalah dengan Vietnam, produksi-produksi dalam negeri akan semakin kompetitif dengan negara negara lain," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini