nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Derasnya Dana Asing Rp6,8 Triliun Masuk Indonesia

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 15:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 11 278 2003124 alasan-derasnya-dana-asing-rp6-8-triliun-masuk-indonesia-7cNR8t6lFr.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih dalam tren penguatan. Pada pembukaan tadi pagi, Rupiah menguat ke Rp14.000 per USD.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan, penguatan nilai tukar Rupiah selama Minggu pertama Januari ini membuat aliran dana asing masuk ke Indonesia sebesar Rp6,8 triliun di awal 2019.

"Jadi, kinerja Rupiah yang baik sejak akhir tahun lalu memberikan sentimen positif bagi investasi. Dana asing pun masuk melalui surat berharga negara (SBN), saham, obligasi korporasi dan SBN syariah," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (11/1/2018).

 Baca Juga: Dana Asing Rp6,8 Triliun Masuk RI Bikin Rupiah Menguat

Maka itu, lanjut dia, pihaknya berharap, agar dana asing terus mengalir ke Indonesia dengan dukungan dari sisi ekonomi makro. Karena tanpa sentimen positif dari internal maka tingkat kepercayaan investor ke Indonesia dapat berkurang.

"Kita lihat perekonomian domestik angka cadangan devisa yang terus membaik angka inflasi yang turun. Dan mudah-mudahan angka pertumbuhan ekonomi di triwulan IV 2019 nanti angkanya juga cukup baik," ujarnya.

 Baca Juga: Pagi Ini Rupiah Menguat ke Rp14.070/USD

Dia menuturkan, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) masih cukup solid meskipun perkiraan mereka pertumbuhannya tidak secepat 2018.

"Jadi ketidakpastian atau uncertainty masih kita kalkulasi meskipun tentunya di awal tahun ini kalkulasi kita, gambarannya cukup positif dari sisi pasar keuangannya," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini