nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Dubes PBB Nikki Haley Jadi Kandidat Presiden Bank Dunia

Andrea Heschaida Nugroho, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 12:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 13 20 2003777 mantan-dubes-pbb-nikki-haley-jadi-kandidat-presiden-bank-dunia-oBW0rtTNxT.jpg Nikki Haley (Foto: Times)

JAKARTA – Selain putri Presiden Donald Trump, Ivanka, mantan Duta Besar PBB Nikki Haley dilaporkan menjadi salah satu kandidat menggantikan Jim Yong Kim sebagai Presiden Bank Dunia.

Asal tahu saja, Jim Yong Kim mengumumkan bahwa dia memangkas masa jabatannya sebagai Presiden Bank Dunia lebih dari tiga tahun sebelum masa jabatan keduanya berakhir.

Baca Juga: Ivanka Trump Jadi Calon Kuat untuk Jabat Presiden Bank Dunia

Melansir Times of Israel, Minggu (13/1/2019), selain Ivanka dan Haley, nama-nama lain yang dilayangkan untuk menggantikan jabatan ini adalah Wakil Menteri Keuangan Internasional David Malpass dan Kepala Badan Pembangunan Internasional AS Mark Green.

(Foto: Presiden Jokowi dengan Presiden Bank Dunia)

Departemen Keuangan mengatakan pada AFP bahwa mereka berkomentar tentang kandidat potensial, namun Departemen Keuangan telah menerima sejumlah nama sebagai rekomendasi dan akan memulai proses peninjauan internal untuk calon-calon tersebut. Mereka berharap bahwa dapat bekerja sama dengan gubernur untuk memilih pemimpin yang baru.

Baca Juga: Sri Mulyani Cocok Gantikan Kim sebagai Presiden Bank Dunia?

Di bawah perjanjian tidak tertulis, Amerika Serikat merupakan pemegang saham terbesar Bank Dunia dan selalu memilih pemimpinnya sejak lembaga tersebut didirikan. Dewan Bank Dunia mengatakan akan mulai menerima nominasi untuk pemimpin baru awal bulan depan dan memberi nama pengganti Jim Yong Kim di pertengahan April 2019.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini