nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan INACA Turunkan Harga Tiket Pesawat

Mulyani, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 16:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 13 320 2003832 alasan-inaca-turunkan-harga-tiket-pesawat-P2bWcenVlr.jpg Maskapai Nasional Sepakat Turunkan Tarif Tiket Pesawat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) memutuskan menurunkan tarif tiket penerbangan sejak 11 Januari 2019. Alasannya karena banyaknya keluhan dari masyarakat hingga komitmen dari mitra maskapai.

"Di tengah kesulitan para maskapai kami tetap paham dan mengerti akan kebutuhan masyarakat dan kami memastikan komitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional serta keberlangsungan industri penerbangan nasional tetap terjaga,” ujar Ketua Umum INACA Ari Askhara, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/1/2019).

Baca Juga: Dikeluhkan Masyarakat, Harga Tiket Pesawat Turun 20-60%

Adapun beberapa rute penerbangan yang mengalami penurunan tarif yakni Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta Surabaya, Bandung-Denpasar dan beberapa rute penerbangan lain.

Selain karena dikeluhkan penumpang, Ari Askhara mengatakan, penurunan tarif ini karena ada komitmen dari para mitra maskapai seperti penurunan biaya kebandaraan dan navigasi dari para stakeholder seperti Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, AirNav dan Pertamina.

Baca Juga: Penyesuaian Harga Tiket Pesawat Diumumkan Hari Ini

"Seluruh anggota INACA, serta seluruh jajaran terkait pemangku kepentingan layanan penerbangan nasional seperti pengelola bandara, badan navigasi, hingga pemangku kepentingan lainnya telah melaksanakan pembahasan intensif terkait penurunan struktur biaya pendukung layanan kebandara udara dan navigasi agar dapat selaras dengan mekanisme pasar industri penerbangan dan daya beli masyarakat,” ujarnya.

Melalui penyesuaian struktur biaya layanan penerbangan tersebut khususnya pada aspek biaya pendukung layanan kebandar-udaraan dan biaya navigasi, maskapai dapat melakukan penyesuaian cost structure operasional layanan penerbangan sehingga dapat menurunkan tarif tiket penerbangan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini