Share

Presiden Jokowi bagi Tips ke Pensiunan PNS yang Mau Jadi Pengusaha

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 16 Januari 2019 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 16 320 2005173 presiden-jokowi-bagi-tips-ke-pensiunan-pns-yang-mau-jadi-pengusaha-bJ5w1OPk4K.jpg Presiden Jokowi di Acara Wirausaha ASN (Foto: Okezone)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) mengelola tunjangan pensiun dengan baik dan tidak menggunakannya secara konsumtif.

“Saya titip, hati-hati dan cermat dalam mengelola uang tunjangan hari tua,” ujar Jokowi di acara Wirausaha ASN, di Sentul, Bogor, Rabu (16/1/2019).

Jokowi pun memberi tips bagi para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ingin berwirausaha. Pertama, pilih jenis usaha yang dekat dengan keseharian.

“Misalnya pensiunan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, kan, dekat dengan ikan. Jadi bisnisnya jangan jauh-jauh dari situ karena ilmunya kita ketahui,” ungkapnya.

Baca Juga: Penetapan Nomor Induk bagi CPNS Ditunggu hingga 1 Februari 2019

Sebelum memulai bisnis harus memperhatikan pasaran. Pasalnya, nilai marketing adalah hal yang sulit dalam memulai usaha.

“Lihat pasarnya dulu karena yang paling sulit marketingnya. Memproduksi bisa, tapi menjualnya yang harus dilihat ke mana,” jelasnya.

Kedua, mulailah dengan usaha kecil-kecilan. “Kalau saya boleh saran, risiko kecil itu misalnya barang-barang yang tidak cepat busuk atau basi. Bisnis seperti ini hati-hati,” katanya.

Jokowi juga mengatakan, banyak bisnis yang berisiko dan jika tidak mengikuti tren pasar lifestyle, bisnis itu akan menjadi hilang.

“Ambil bisnis, yang kalau tidak laku, nilainya tambah dan risikonya tidak besar. Misalnya mendirikan kos-kosan. Incomenya jelas tiap bulan, tetapi nilai tambah dari bangun itu tiap tahun naik,” jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pensiunan PNS Harus Bisa Kelola Uangnya dengan Baik

Ketiga, mulai bisnis dengan melakukan kerjasama. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, berbisnilah dengan rekan usaha yang memiliki pengalaman serta karakter yang baik dan sesuai. Sehingga, usaha tersebut akan berkembang dengan cepat.

“Contoh, anak saya ini enggak pernah punya pengalaman di bidang makanan apalagi martabak. Saya lihat, ternyata punya partner yang sudah jualan lama. Gandengan, bagi untung, ya, perjanjian saja,” jelasnya.

Jokowi mengimbau, agar tidak ragu untuk memulai usaha serta pilihlah rekan kerja yang cocok. Pasar di Indonesia sangat besar, pasalnya penduduk Indonesia mencapai 260 juta jiwa. Dia juga mengajak untuk mengisi lebih banyak produk-produk lokal agar tak kalah saing dengan produk dari luar.

Keempat, Jokowi mengingatkan jangan mencoba-coba menjalani usaha yang belum dikuasai. Pasalnya, menjalankan suatu bisnis tidaklah mudah. “Saya titip, jangan coba-coba yang kita belum kuasai betul. Memulai bisnis tidak mudah. Banyak yang berhasil, banyak juga yang gagal,” ujarnya.

Para ASN yang telah pensiun harus bisa lebih sejahtera. “Sekali lagi, masa pensiun bukan berarti produktivitas berhenti. ASN bisa sejahtera, lebih sejahtera dari mana purnatugas,” pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini