Menaker: 70% Anggaran untuk Pelatihan Vokasi

Kamis 17 Januari 2019 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 17 320 2005980 menaker-70-anggaran-untuk-pelatihan-vokasi-sYgQo7aEgH.jpg Menaker Hanif Dhakiri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja akan mengalokasikan sekitar 70% dari anggarannya sebesar Rp5,7 triliun untuk pelatihan vokasi mengingat pada 2019 merupakan tahun pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Sekitar 70 persen dari anggaran (Rp5,7 triliun) itu, kita larikan untuk vokasi. Jadi, kita genjot itu," tutur Menteri Tenaga Kerja (Menaker) M Hanif Dhakiri seperti dikutip Antara News, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Dia menjelaskan Kemenaker akan terus memperbesar investasi SDM lewat pelatihan vokasi.

 Baca Juga: Menko Darmin Cs Rapat Pendidikan Vokasi, Ini Hasilnya

Tahun ini, pihaknya akan melatih setidaknya 526 ribu orang di berbagai sektor untuk membekali mereka dengan keahlian (skill).

Selain itu, menurut Hanif, Kemenaker juga membuat kebijakan bernama triple skilling, yang bersifat inklusif tanpa memandang usia, latar pendidikan, dan asal tempat calon peserta pelatihan.

 Baca Juga: Menko Darmin Akui 58% Pekerja di Indonesia Tamatan SMP

"Pokoknya, tahun ini tahun pembangunan SDM, kita harus perkuat SDM kita. Kita harus manfaatkan teknologi, kita harus inovatif, kita harus kolaboratif, dengan itu saya percaya bahwa daya saing kita akan menjadi lebih baik," tutur Menaker.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini