nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Jenis Pinjaman yang Bisa Jadi Pilihan Generasi Milenial

Rikhza Hasan, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 18:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 18 320 2006378 5-jenis-pinjaman-yang-bisa-jadi-pilihan-generasi-milenial-Q5gBrFJrps.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Pinjaman dana memang bisa didapatkan dari mana saja, namun yang jadi masalahnya adalah jika dana yang kita butuhkan tersebut termasuk ke dalam jumlah pinjaman yang cukup besar, sehingga mau tidak mau kita pun perlu mencari sumber dana pinjaman yang dapat memberikan dengan jumlah yang kita butuhkan.

Di Indonesia banyak terdapat lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman dengan plafon limit yang cukup besar, bahkan beberapa di antaranya dapat memenuhi semua kebutuhan dana yang kita inginkan, namun sayangnya memilih lembaga keuangan yang memang sesuai tentu tidaklah mudah, karena kita perlu mencari yang benar-benar bisa dipercaya dan tentunya memberikan bunga yang tidak terlalu besar. Nah, berikut akan kami ulas mengenai pinjaman kaum milenial yang bisa Anda coba. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Tak Ingin Kantong Jebol? Resolusi Keuangan Ini Wajib Diterapkan Tahun Depan

1. Pinjaman KTA

Produk pinjaman KTA merupakan pinjaman yang cukup populer di masyarakat, bahkan setiap bank di Indonesia pun selalu menjadikan produk pinjaman yang satu ini sebagai pinjaman dana masyarakat yang paling difavoritkan. Sebut saja KTA Permata, Maybank atau BCA untuk bank Swasta dan Bank Mandiri untuk BUMN. Meskipun memiliki nama sebutan yang berbeda-beda, namun setiap bank memang memiliki produk pinjaman KTA nya masing-masing.

Pinjaman dana yang satu ini sangat bisa diandalkan sebagai pinjaman dana alternatif untuk masyarakat yang sedang membutuhkan dana dalam waktu yang cepat. dengan meminjam dana KTA tentunya Anda tidak membutuhkan asset yang harus dijadikan sebagai jaminan ke bank, layaknya pinjaman lainnya. Sehingga hal tersebut tentu akan jauh lebih memudahkan Anda sebagai calon nasabah.

Pinjaman dana KTA biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti biaya renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya perawatan rumah sakit dan berbagai kebutuhan lainnya yang cukup mendesak. Untuk mengajukannya sendiri cukup mudah, Anda tinggal datang pada lembaga keuangan tempat Anda akan meminjam uang dan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.

rupiah

2. Pinjaman Multiguna

Pada ulasan sebelumnya sudah dijelaskan mengenai dana pinjaman tanpa agunan, untuk yang sekarang ini akan dijelaskan mengenai dana pinjaman yang menggunakan agunan. Pinjaman yang satu ini biasanya disebut dengan pinjaman multiguna, dimana saat And ingin mengajukan pinjaman dengan produk multiguna, tentunya harus ada asset yang perlu Anda jadikan sebagai jaminan.

Pinjaman multiguna memang tidak hanya disediakan oleh bank, karena biasanya bisa Anda dapatkan juga pada lembaga keuangan non bank seperti pegadaian dan leasing. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan pengajuan pinjaman multiguna, salah satunya adalah limit pinjaman yang cukup besar dan biasanya pun akan jauh lebih aman, asalkan And memilih lembaga yang memang sudah diatur dan diawasi oleh OJK.

Untuk syarat-syarat yang diminta pun biasanya tidak begitu rumit, namun kekurangan dari dana pinjaman yang satu ini memang memiliki proses pencairan yang cukup lama, karena dibutuhkan berbagai proses yang perlu Anda lalui terlebih dahulu, seperti verifikasi dokumen, dan juga survey yang dilakukan ke setiap nasabah.

3. Pinjaman Online

Pinjaman online saat ini memang tengah menjamur di masyarakat, sebagian besar jenis pinjaman yang satu ini memang diberikan oleh perusahaan startup selaku pemberi fasilitas tersebut. pinjaman online memang sangat cocok untuk Anda kaum milenial yang membutuhkan dana cukup mendesak. Untuk besaran plafon yang diberikan biasanya mencapai 10 juta, sehingga cocok dipakai untuk kebutuhan dana yang cukup cepat.

Untuk proses dan syarat yang perlu dilakukan pun biasanya tidak begitu sulit dan rumit, biasanya persyaratan yang Anda butuhkan hanya KTP saja. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman yang satu ini sebaiknya perlu berhati-hati, karena bunga yang diberikan biasanya cukup besar, bahkan ada yang mencapai 1 persen sehari, namun ada juga pinjaman online yang memberikan bunga 5 persen setiap bulannya.

Pinjaman online memang termasuk jenis pinjaman yang cukup mudah, dari mulai proses dan juga pencairannya sangat cepat, Anda tinggal mencari situs yang menyediakan pinjaman online dan melakukan registrasi, seperti melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dan dana yang Anda butuhkan pun akan langsung di transfer ke rekening pribadi Anda. namun sebaiknya pertimbangkan secara matang sebelum memutuskan melakukan pinjaman yang satu ini, untuk itu cari situs yang memang sudah diawasi oleh OJK.

Baca Juga: Ingin Punya Properti Rp2 Miliar di Usia Muda? Begini Caranya

4. Pinjaman KUR

Pinjaman KUR merupakan jenis pinjaman yang ditujukan untuk para pengusaha mikro, dan untuk program yang satu ini kebanyakan sudah bekerja sama dengan pemerintah setempat yang bertujuan memberikan modal pada pengusaha kecil dengan harapan dapat mengentaskan kemiskinan dengan memberikan peluang usaha untuk masyarakat kecil.

Persyaratan wajib sebelum mengajukan pinjaman Anda perlu memiliki usaha terlebih dahulu, karena salah satu syarat yang dibutuhkan adalah Surat izin usaha perdagangan atau SIUP.

Berikut pinjaman kaum milenial yang bisa Anda coba, namun yang terpenting sebelum memutuskan melakukan pinjaman dana yang terpenting adalah mempertimbangkan secara matang mengenai jumlah pinjaman, beserta kesanggupan Anda membayar cicilan setiap bulannya, serta yang tidak kalah penting perhatikan jumlah besarnya bunga setiap bulan yang perlu Anda bayarkan nantinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini