Jalan Tol Baru yang Ambles dan Retak

Jamilah, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 21 320 2007185 jalan-tol-baru-yang-ambles-dan-retak-ltV0ybgTJF.jpg Foto: Jalan Tol Ambles (Okezone)

JAKARTA - Pembangunan jalan tol terus dikebut pemerintah. Setidaknya, pada 2018 sudah banyak peresmian jalan tol dilakukan. Untuk tahun ini, juga ada beberapa ruas tol yang akan diresmikan.

Namun, sayangnya jalan tol yang beberapa waktu lalu baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo mengalami kerusakan seperti retak dan amblesnya lereng jalan yang disebabkan oleh kondisi cuaca yang buruk.

 Baca Juga: Biang Kerok Peretak Tol Pemalang-Batang

Berikut daftar tol yang mengalami kerusakan seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Senin (21/1/2019)

 

1. Lereng Jalan Tol Salatiga-Kartasura Ambles

Lereng jalan Tol Salatiga-Kartasura mengalami ambles pada 26 Desember 2018. Amblesnya lereng jalan tol berada di kilometer 489 di wilayah Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) David Wijayanto menjelaskan, ambrolnya lereng jalan dikarenakan ikan deras yang mengguyur Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Sedangkan saluran air yang ada di sana belum bekerja secara maksimal.

 Baca Juga: Baru Diresmikan Presiden Jokowi, Lereng Jalan Tol Salatiga-Kartasura Ambrol

Perbaikan pun selesai dikerjakan pada rentang 4 hari. JSN memastikan lereng yang tergerus air di KM 489+500 A Salatiga menuju Kartasura telah kembali seperti semula.

Mengutip keterangan Jasa Marga, Minggu (30/12/2018), tiga hari pengerjaan rounding bahu jalan yang tergerus di Jalan Tol Salatiga-Kartasura kini telah selesai diperbaiki. Di mana sebelumnya, rounding bahu jalan di Tol Salatiga-Kartasura tergerus karena belum sempurnanya saluran drainase tepi jalan tol dan belum tumbuhnya rumput di lereng timbunan.

2. Jalan Tol Pemalang-Batang Retak

Jalan Tol Pemalang-Batak mengalami keretakan yang terjadi pada kilometer 321 jalur A atau menuju Kabupaten Batang.

Corporate Secretary Waskita Toll Road Alex Siwu membenarkan terjadi keretakan pada salah satu jalur jalan Tol Pemalang - Batang. Kejadian sendiri terjadi tepatnya pada 16 Januari 2019

"Kejadian pada tanggal 16 Januari 2018 pada satu Titik Ruas jalan Tol Pemalang Batang tepatnya di KM 321 jalur A," ujar Alex Siwu kepada Okezone.

 Baca Juga: Baru Sebulan, Jalan Tol Pemalang - Batang Retak

Retaknya jalan terjadi karena intensitas hujan yang sangat tinggi, sehingga gerusan air pun meluap.

"Terjadinya gerusan Pada slope jalan Tol di akibatkan karena gerusan air yang meluap dari saluran akibat intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir," jelasnya.

Penanganan permanen belum dapat dilakukan. Sebab Kondisi lokasi saat ini masih mengalami hujan lebat.

“Perbaikan sementara telah dilakukan untuk mengamankan pengguna jalan tol dan jalan warga desa Kelangdepok akibat peristiwa tersebut,” ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini