nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astra Beri Pinjaman Anak Usaha Rp80,27 Miliar

Kamis 24 Januari 2019 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 24 278 2008777 astra-beri-pinjaman-anak-usaha-rp80-27-miliar-eEwGHbMeGj.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Dukung pengembangan bisnis anak usaha, PT Astra International Tbk (ASII) memberikan pinjaman kepada PT Pelabuhan Penajam Banua Taka, anak usaha yang bergerak di bidang penyedia jasa pelabuhan sebesar Rp80,27 miliar.

Kata Sekretaris Perusahaan PT Astra International Tbk, Gita Tiffany Boer, pada 22 Januari 2019 Astra International meneken perjanjian pinjaman dengan jumlah pokok maksimum Rp80,27 miliar. "Pinjaman tersebut akan digunakan oleh Pelabuhan Penajam Banua Taka untuk keperluan umum korporasi," ujarnya dilansir dari Harian Neraca, Kamis (24/1/2019).

Baca Juga: Astra International Perkuat Unit Bisnis Properti

Pemberian pinjaman ini untuk memberi dukungan keuangan kepada PT Pelabuhan Penajam Banua Taka.Gita bilang, transaksi ini bukan merupakan transaksi yang berbenturan kepentingan bagi ASII sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Bapepam LK No.IX.E.2 tentang transaksi material dan perubahan kegiatan usaha utama. Asal tahu saja, bisnis otomotif masih menjadi kontribusi besar pendapatan PT Astra Internasional Tbk.

ihsg

Tahun ini, Astra kembali merilis penyegaran sejumlah model mobil di pasar untuk menjaga pangsa pasar perseroan. Analis Danareksa Sekuritas, Stefanus Darmagiri pernah bilang, penyegaran sejumlah model mobil yang dijual Astra memungkinkan perseroan mempertahankan pangsa pasar (market share) penjualan mobil di atas 50% pada 2019. Hal ini akan menjadi sentimen positif terhadap kinerja keuangan dan pergerakan harga saham perseroan.

Oleh karena itu, dirinya meyakini, Astra mampu untuk mempertahankan market share penjualan mobil di atas 50% tahun 2019.“Target market share ini mempertimbangkan realisasi facelift beberapa model mobil populer yang dipasarkan Astra International mulai awal 2019, seperti Toyota Avanza dan Dahatsu Xenia pada awal tahun,” ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini