nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pergerakan Tak Wajar, BEI Awasi Saham Siwani Makmur

Jum'at 25 Januari 2019 15:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 25 278 2009348 pergerakan-tak-wajar-bei-awasi-saham-siwani-makmur-A38UXyroaj.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Perdagangan saham PT Siwani Makmur Tbk (SIMA) masuk dalam pengawasan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) lantaran telah terjadi kenaikan harga dan peningkatan aktivitas saham di luar kebiasaan atau biasa disebut unusual market activity (UMA). Informasi tersebut disampaikan BEI dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Kepala Divisi Operasional Perdagangan BEI Irvan Susandy mengatakan, dengan status UMA itu, maka para investor diharapkan memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa.

Baca Juga: Anjlok hingga 70,1%, BEI Pantau Pergerakan Saham Cottonindo Ariesta

‚ÄĚKami minta investor juga mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasi,"ujarnya, dikutip dari Harian Neraca, Jumat (25/1/2019).

Dia juga meminta pelaku pasar mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum mengambil keputusan investasi. Sedangkan kepada manajemen SIMA diharapkan untuk mengkaji kembali rencana corporate action apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS.

Baca Juga: Naik 231%, BEI Pantau Saham ARTA

Namun pengumuman UMA ini tidak serta merta menunjukan adanya pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Sebagai informasi, emiten produsen kemasan plastik ini mengalami kenaikan harga pada perdagangan tanggal 2 Januari 2019. Pada saat itu, dibuka pada level 92 dan ditutup di level 124. Fenomena itu berlanjut hingga menyentuh level 332 pada perdagangan sesi I Kamis (24/1) kemarin, sehingga SIMA itu turun 260,86% dalam 15 hari bursa.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini