Alibaba Beri Pinjaman USD103 Juta ke Huayi Brothers Media

Ade Rachma Unzilla , Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 30 320 2011377 alibaba-beri-pinjaman-usd103-juta-ke-huayi-brothers-media-2PVdBNwqo7.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Perusahaan film China, Alibaba Pictures yang berada di bawah Alibaba Group akan memberikan pinjaman sebesar USD103 juta kepada studio film Huayi Brothers Media.

Adapun bagian dari perjanjian, Huayi akan bekerja dengan Alibaba Pictures di proyek film dan televisi, pengembangan artis, pengembangan merchandise dan juga tiketing.

Melansir dari Forbes, Rabu (30/1/2019), saham di Huayi yang diketuai Wang Zhongjun (masuk dalam daftar miliarder Forbes 2015), telah kehilangan lebih dari setengah nilainya dalam 12 bulan terakhir.

Baca Juga: Kiat Jack Ma Rekrut Pegawai: Orang Terbaik Selalu Ada di Perusahaan Anda!

Studio filmnya diketahui telah berada di bawah tindakan keras pajak pemerintah terhadap industri televisi dan film China yang dilaporkan telah meraup USD1,7 miliar, termasuk USD129 juta dari bintang film Fan Bingbing saja.

Pengumuman Alibaba Pictures ini tidak menyebutkan hubungan antara ketua Alibaba Group Jack Ma dan Huayi. Menurut pengajuan Huayi tahun lalu, Ma melalui kepemilikannya atas saham Huayi dan ikatannya dengan perusahaan investasi mengendalikan lebih dari 5% saham Huayi.

Saham Huayi yang diperdagangkan di dalam negeri tersebut awalnya bergerak naik setelah mendapat pinjaman dari Alibaba Pictures. Namun, mereka jatuh kembali sebesar 3% pada Jumat, mengakhiri pekan dengan sedikit berubah pada 4,70 yuan.

Baca Juga: Alibaba Catat Transaksi USD30,8 Miliar di Singles Day 11.11

Sementara itu, akhir-akhir ini Alibaba Pictures diketahui mendapatkan tekanan besar untuk “What is Peppa”. Short enam menit ini mempromosikan peluncuran mendatang “Peppa Pig Merayakan Tahun Baru China” dan menyoroti karakter kartun populer internasional di mulai dari Tahun Babi.

Akankah film panjangnya menarik bagi pembeli tiket? Sulit dikatakan, namun Alibaba Pictures dengan mudah mendapat “A” untuk mendongeng kreatif dan pemasaran yang efektif.

Saham Alibaba Pictures pun berakhir sedikit berubah pada HKD1,31. Mereka naik 15% dalam setahun terakhir.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini