Teknologi Bikin Hemat Perusahaan Transportasi, Apa Itu?

Rany Fauziah, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 31 320 2012044 teknologi-bikin-hemat-perusahaan-transportasi-apa-itu-AIvdZbKRgQ.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - PT Serasi Autoraya (Sera) merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk mengeluarkan produk manajemen armada penumpang dan barang baru dengan berbasis teknolgi yaitu AstraFMS.

Melalui produk ini munculah beberapa fitur penting dari produk AstraFMS yang dapat membantu perusahaan meningkatkan efisien dan menghemat dari segi pembiayaan.

Presiden Direktur Serasi Autoraya Firman Yosafat Siregar mengatakan, AstraFMS adalah mengelola operasional kendaraan sedemikian rupa sehingga biaya-biaya yang tidak diperlukan dapat dipangkas dengan optimal.

"Lahirnya AstraFMS berakar dari budaya inovasi Sera yang berorientasi pada pengembangan produk ataupun layanan, yang terintegrasi dengan teknologi terkini," katanya di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

 Baca Juga: Astra Tawarkan Pengelolaan Transportasi dan Logistik Berbasis Teknologi

Melalui AstraFMS, Sera berkomitmen untuk memberikan customer experience dan satisfaction pada level tertinggi kepada seluruh pelanggan kami.

"Tidak berhenti sampai di sini, Sera akan terus melakukan inovasi produk dan layanan berbasis teknologi disemua lini bisnis yang kami geluti,” katanya.

Direktur Sera Hadi Winarto menambahkan, ada beberapa fitur penting dari produk AstraFMS yang akan membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan keamanan di bidang transportasi.

 Baca Juga: Astra Beri Pinjaman Anak Usaha Rp80,27 Miliar

Adapun fitur tersebut yaitu Memberikan visibilitas terhadap pergerakan kendaraan secara real time dan juga memonitor setiap manuver berbahaya seperti berkendara melebihi batas kecepatan, rem mendadak, menikung secara tiba tiba, salah rute hingga memberikan peringatan jika mobil dalam bahaya pencurian.

Kemudian, membantu mengatur jadwal perawatan berkala termasuk dokumen dan garansi kendaraan dan dapat memonitor, mengelola, menganalisa performance & perilaku pengemudi (eco & safety index).

Tidak hanya itu fitur AstraFMS ini juga dapat memastikan operational excellent dengan memenuhi permintaan pemesanan dan mengatur efisiensi biaya operasional kendaraan.

Serta meningkatkan utilisasi kendaraan dengan melakukan monitoring disetiap pergerakan dan mampu melakukan pengelolaan yang menyeluruh dan terukur.

"Seluruh manfaat tersebut sudah dirasakan oleh lebih dari 2000 armada logistik dan penumpang yang tersebar di berbagai sektor industri seperti pada industri logistik dan distribusi, FMCG, otomotif, pertambangan hingga financial,” ucapnya.

 Baca Juga: Astra International Perkuat Unit Bisnis Properti

Hadi melanjutkan dengan skala bisnis masing-masing perusahaan pelanggan memang berbeda, namun kebutuhan manajemen untuk mengoptimalkan dan mengefisienkan biaya operasional adalah sama.

Beberapa kasus seperti pengaturan jadwal dan order pengemudi yang kurang tertata, kurangnya efisiensi pemakaian bahan bakar, rute perjalanan yang tidak sesuai penugasan, kondisi fisik pengendara yang kurang optimal dan lain-lain seringkali dialami perusahaan. Akibatnya biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih besar daripada seharusnya.

" AstraFMS menjadi solusi untuk menjawab berbagai semua permasalahan tersebut," ujar Hadi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini