nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Masuk Tol, Lebih Baik untuk Transportasi Umum

Mulyani, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 20:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 02 320 2012921 motor-masuk-tol-lebih-baik-untuk-transportasi-umum-PHd6a8DMic.jpg Jalan Tol (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menilai wacana aturan sepeda motor bisa memasuki jalan tol harus dipertimbangkan kembali. Menurutnya, jalur khusus transportasi umum seperti bus lebih baik daripada sepeda motor.

“Jika ingin memberikan fasilitas infrastruktur yang mewah kepada rakyat, berikanlah kepada pengguna bus yang sifatnya angkutan massal,” kata Djoko saat dihubungi Okezone, Sabtu (2/2/2019).

Djoko mengatakan, adanya jalur bus di jalan tol akan lebih aman dan memberi kenyamanan bagi masyarakat pengguna angkutan umum.

Sebelumnya, Pemerintah berencana untuk menerapkan aturan sepeda motor bisa memasuki jalan tol. Wacana tersebut pertama kali muncul dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beberapa waktu lalu.

Peraturan tersebut menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat maupun pemerintah. Sepeda motor memang memungkinkan untuk bisa masuk jalan tol, dilihat dari adanya Jembatan Suramadu danTol Bali Mandara yang sudah lebih dulu bisa dilintasi sepeda motor.

Namun disisi lain, hal tersebut akan membahayakan. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menghawatirkan akan banyak terjadi kecelakaan jika kendaraan roda bisa melintasi jalan tol.

Selama ini, rata-rata pengguna jalan tol adalah kendaraan roda empat atau lebih dengan kecepatan tinggi. Akan sangat membahayakan jika pengemudi mobil berkecepatan tinggi, tiba-tiba ada sepeda motor melintas.

Data Kementerian Perhubungan mencatat selama ini kendaraan roda dua menjadi penyumbang terbesar atau sekitar 70% angka kecelakaan lalu lintas. Dengan demikian, jika sepeda motor diperbolehkan masuk tol dikahwatirkan angka kecelakaan lalu lintas semakin meningkat.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini