nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Strategi Menarik Ekspatriat Sewa Apartemen

Minggu 03 Februari 2019 17:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 03 470 2013175 intip-strategi-menarik-ekspatriat-sewa-apartemen-VaAnoTMJIz.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Sejak diberlakukannya ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 silam, jumlah ekspatriat di Indonesia bertambah. Kehadiran ekspatriat pun menjadi sasaran utama dalam strategi marketing properti. Terbukti, pada kuartal II tahun 2016, tingkat okupansi sewa apartemen ekspatriat mencapai 76,10%

Dikutip Orento, Jakarta, Minggu (3/2/2019), memasuki tahun 2017, jumlah ekspatriat meningkat seiring dengan datangnya tenaga kerja asing ke Indonesia. Terutama di kawasan Cikarang, ekspatriat di kawasan tersebut mencapai 15.000 jiwa. Menurut Lembaga Research Colliers International, kehadiran tenaga kerja asing membuka peluang pasar bagi penyewaan properti khusus ekspatriat.

Strategi Marketing untuk Menarik Penyewa Ekspatriat

Menawarkan sewa apartemen bulanan kepada ekspatriat tidak semudah penyewa dalam negeri. Pasalnya, ekspatriat tergolong selektif ketika memilih hunian maupun bangunan kantor. Sebagai acuan, berikut ini empat strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk bersaing dengan pebisnis lain dalam menggaet ekspatriat.

- Tawarkan Properti Sesuai Standar dan Kualitas Ekspatriat

Ekspatriat yang masuk ke Indonesia berasal dari negara berbeda. Tentunya, mereka memiliki standar dan kualitas tidak sama. Semisal, ekspatriat Jepang mempunyai standar lebih tinggi daripada ekspatriat asal Eropa.

Baca Juga: Mana yang Lebih Untung, Sewa Apartemen Bulanan atau Tahunan?

Jadi, jika Anda menyasar ekspatriat Jepang, pastikan properti berkualitas nomor satu. Begitu pun dari segi layanan, pengelolaan, sampai keamanan, mesti concern dengan gaya hidup mereka di negara asal.

- Yakinkan Ekspatriat, Properti Anda Memenuhi Selera dan Ekspektasinya

Soal selera, Anda tidak tawar-menawar dengan ekspatriat. Selain selektif, ekspatriat menginginkan properti yang memenuhi ekspektasinya. Sebagai contoh, dari segi desain, biasanya ekspatriat menghendaki properti dengan tampilan visual yang kekinian. Kecuali ekspatriat Jepang, rancangan interior klasik dan natural justru lebih memikat mereka.

- Sesuaikan Atmosfer Lingkungan Properti dengan Karakteristik Ekspatriat

Kenyamanan—bagi ekspatriat—merupakan prioritas utama saat memilih properti. Untuk itu, Anda harus memastikan lingkungan di sekitarnya sesuai dengan karakter ekspatriat. Misalnya, ekspatriat Jepang; mereka menyukai kesunyian. Maka, hindari menawarkan properti yang menyatu dengan pusat belanja.

 Baca Juga: Miliarder Ini Beli Apartemen Termahal, Harganya Rp3,3 Triliun

- Sewakan Properti yang Berada di Lokasi Strategis

Lokasi menjadi pertimbangan utama bagi ekspatriat dari negara mana pun saat memilih properti. Dalam pandangan ekspatriat, properti ideal tidak hanya terletak di pusat kota, tetapi juga harus mudah diakses. Ekspatriat menginginkan lokasi strategis yang dilewati berbagai sarana transportasi serta menjangkau tempat-tempat penting.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini