nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin: 2 Hari Lalu Saya Bilang Pertumbuhan Ekonomi 5,17%

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 15:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 06 20 2014402 menko-darmin-2-hari-lalu-saya-bilang-pertumbuhan-ekonomi-5-17-oa6i5d8vsi.jpg Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku prediksi pertumbuhan ekonomi 2018 sama seperti yang dilaporkan Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 5,17%.

"Lho saya angkanya sudah bilang dua hari lalu 5,17%. Ya artinya ekonomi kita itu pertumbuhan konsumsi sama pembentukan modalnya memang baik sehingga sebetulnya seasonal-nya itu kita tahu," ujarnya di Gedung Kemenko Perekonomian Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Baca Juga: Ekonomi RI Tak Pernah Capai 7%, Kepala BPS: Banyak Hal Tak Terduga

Dia menjelaskan, ekspor saat ini agak melambat. Namun jika ekspor dikurangi impornya dampaknya tidak bagus.

Akan tetapi kuartal IV kondisinya itu selalu lebih tinggi dari sebelumnya. Dan ini ada dua kekuatan yang pada akhir keluarnya sama.

"Konsumsi rumah tangga kembali sebesar 5,08%. Dan program pemerintah salah satu penggeraknya. Kelapa sawit mungkin sedikit membaik di masyarakat di bawah. Karet belum, tapi arah membaiknya itu ada. Artinya kalau komoditinya tidak ada yang memburuk tapi membaik ya hasilnya baik," tuturnya.

Baca Juga: Mendag Klaim Ekonomi RI Tumbuh 5,17% Diapresiasi

Apakah nantinya pendapatannya juga akan naik? Menurutnya, pertumbuhan secara year on year-nya cukup baik.

"Artinya kalau saya bicara kuartal IV lho tadi, tahun ini dibilang begitu. Tahun lalu lebih tinggi hampir 7 ini sedikit lebih rendah. Tapi konsumsinya lebih tinggi. Ekonomi itu hanyak sektornya. Ada yang turun dan naik," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini