nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Geber Investasi, BKPM Gandeng Bea Cukai

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 20:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 07 320 2015031 geber-investasi-bkpm-gandeng-bea-cukai-Syp4PsQals.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyiapkan strategi untuk peningkatan investasi pada tahun ini. Salah satunya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Direktorat Wilayah 1 BKPM Agus Joko Saptono mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai strategi untuk menggenjot realisasi investasi lebih tinggi pada 2019.

"Kami (BKPM) telah mengevaluasi implementasi fasilitas percepatan importasi jalur hijau bersama Bea Cukai Kementerian Keuangan. Di mana tujuannya mendukung investor yang sedang merealisasikan proyek investasinya," ujarnya di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Baca Juga: BKPM Optimis Investasi Meningkat di Tahun Politik

Dia menjelaskan, saat ini sudah ada 125 perusahaan yang sudah memanfaatkan, sehingga dia bisa melakukan percepatan produksi. "Selain itu, BKPM juga terus melakukan perbaikan sistem Online Single Submission (OSS)," ungkapnya.

Baca Juga: Korupsi Bikin Investor Asing Enggan Berinvestasi di Indonesia

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menilai masuknya baru perusahaan raksasa digital Google ke Go-Jek dengan nilai 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) akan memberi dampak positif pada iklim investasi dan perekonomian Indonesia.

Sebab, kata Thomas, dengan masuknya investasi tadi ke perusahaan start up nasional seperti Go-Jek akan menjadi stimulus terhadap keberadaan lapangan kerja baru yang dihasilkan dari model bisnis ekonomi digital yang belakangan semakin berkembang di Indonesia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini