nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dolar AS Catat Penguatan Tertinggi dalam 6 Bulan

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 09 Februari 2019 07:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 09 278 2015651 dolar-as-catat-penguatan-tertinggi-dalam-6-bulan-N3lTz1Z2Hm.jpg Foto: Reuters

NEW YORK- Kurs dolar Amerika Serikat (AS) menguat terhadap sekeranjang mata uang pada perdagangan Jumat waktu AS. Penguatan mata uang AS menjadi ini menjadi yang tertinggi dalam 6 bulan.

Hal tersebut karena pedagang menumpuk greenback dalam langkah safe-haven di tengah kekhawatiran melemahnya ekonomi global.

Baca Juga: Dolar AS Menguat di Tengah Pemangkasan Ekonomi Eropa

Melansir Reuters, Sabtu (9/2/2019), Euro berada di level terendah dalam dua minggu terakhir atau di USD1,13. Mata uang tunggal masih membukukan penurunan mingguan tertajam terhadap dolar dalam lebih dari empat bulan setelah data yang menunjukkan perlambatan ekonomi di Eropa menyebar.

"Rally yang mendorong dolar secara luas lebih tinggi tahun lalu telah menikmati kehidupan baru dengan pertumbuhan AS tetap solid sementara rekan-rekan di luar negeri kehilangan momentum," kata Analis Pasar Senior Western Union Business Solutions Joe Manimbo,

Indeks greenback versus euro, yen, sterling dan tiga mata uang lainnya naik 0,13% pada 96,634.

Pada minggu ini, indeks dolar ICE naik 1,1% kenaikan mingguan terbesar sejak kenaikan 1,28% di minggu 10 Agustus 2018.

Baca Juga: Dolar AS Menguat Pasca-Pidato Kenegaraan Trump

Euro turun 0,13% menjadi USD1,13230 untuk penurunan mingguan 1,1%, yang merupakan penurunan mingguan terbesar sejak akhir September.

Komisi Eropa memangkas proyeksi pertumbuhan dan inflasi pada hari Kamis karena kejutan penurunan pesanan industri Jerman dan Spanyol memicu kekhawatiran tentang perlambatan yang dipercepat.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini