Pemerintah Aliri Listrik Gratis ke 14.000 Rumah di Cianjur

Jamilah, Jurnalis · Sabtu 09 Februari 2019 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 09 320 2015725 pemerintah-aliri-listrik-gratis-ke-14-000-rumah-di-cianjur-zZyMZ569O9.jpg Menteri Rini Cek Sambungan Listrik Gratis (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan bantuan listrik gratis kepada masyarakat tidak mampu di Kabupaten Cianjur sebanyak 14.000 rumah. Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan, hal tersebut merupakan program nyata guna memperbaiki kesejahteraan rakyat.

“Ini merupakan kepedulian BUMN sebagai agen pembangunan yang tidak hanya menciptakan keuntungan tetapi juga terlibat dalam program-program yang secara nyata mendorong perbaikan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Saya senang, masyarakat yang tadi hanya mengambil listrik di tetangga, sekarang sudah bisa menikmati listrik dari PLN, ini sangat membantu,” ungkap Menteri Rini dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/2/2019).

Baca Juga: 21 Ribu Unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya Terpasang sepanjang 2018

Penyambungan Listrik di Kabupaten Cianjur merupakan bagian dari program penyambungan listrik di Provinsi Jawa Barat melalui skema sinergi BUMN. Masyarakat yang mendapatkan bantuan merupakan masyarakat atau rumah tangga tidak mampu Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Sebelumnya, sinergi bersama BUMN untuk penyambungan listrik gratis telah dilakukan di Kota Bogor, Kab. Bogor, Kab. Bandung, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kab. Pangandaran dan Kab. Sukabumi dengan total 100.970 rumah tangga tidak mampu telah menikmati listrik.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Rini juga mengunjungi langsung nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Desa Sukatani. Sambil berdialog, Menteri Rini mengajak nasabah Mekaar untuk terus bekerja keras sehingga bisa menjadi nasabah 'naik kelas' dan mendapatkan pendanaan yang lebih besar dari perbankan.

Baca Juga: Tingkatkan Rasio Elektrifikasi, ESDM Siap Salurkan 98.481 Lampu Tenaga Surya

Sambil mengajak para Direksi HIMBARA, menteri Rini menyemangati ibu-ibu nasabah Mekaar untuk terus bekerja keras sehingga bisa naik kelas.

“Saya mengajak para Direksi HIMBARA ke sini supaya bisa memotivasi Ibu-ibu untuk terus bekerja kerasm bisa naik kelas dan mendapat pendanaan KUR oleh Bank. Kalau pendapatannya naik, maka ibu-ibu hidup lebih sejahtera. Ingat jangan lupa jujur, disiplin dan kerja keras,” pesannya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini