nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembangunan Tol Cigatas Dimulai 2020

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 16:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 11 320 2016396 pembangunan-tol-cigatas-dimulai-2020-9mFgD8auXf.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Pemerintah berencana membangun jalan tol yang menghubungkan Bandung, Garut dan Tasikmalaya. Hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Joko WIdodo dalam kunjungnanya ke Garut belum lama ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) ini memang menjadi prioritas dari pemerintah. Rencanananya pembangunan sendiri akan dimulai pada tahun 2020.

"Yang prioritas itu Cigatas. Paling mulai 2020," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (11/2/2019).

 Baca Juga: Bangun Tol Cigatas, Jokowi: Hadiah untuk Warga Garut & Tasikmalaya yang Saya Cintai

Menurut Basuki, saat ini baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sedang terus melakukan kajian. Khususnya untuk penetapan lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan jalur tol tersebut.

"Sedang kita bersama kita lagi penloknya untuk yang Cigatas," jelasnya

Basuki menambahkan, setelah Cigatas barulah pihaknya melakukan kajian pembangunan untuk jalan tol di wilayah selatan Jawa tersebut. Untuk proyek kedua adalah rencana pembangunan jalan tol dari Bogor menuju Cianjur.

"Nah ini yang Bogor juga mengikut itu Bogor-Cianjur-Bandung," jelasnya.

 Baca Juga: Bina Marga Kerjakan Studi Kelayakan Tol Cigatas

Barulah setelah itu, pemerintah mulai memikirkan pembangunan lanjutannya menuju arah Cilacap. Memang pemabangunan jalan tol jalur selatan sendiri nantinya akan menghubungkan dari Jakarta hingga ke Cilacap sebagai tahap pertama.

"Nanti (dari Jakarta) langsung ke Cilacap," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini