nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Proyek Tol Cigatas Masuki Tahap Penentuan Lokasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 12:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 14 320 2029846 proyek-tol-cigatas-masuki-tahap-penentuan-lokasi-PQnzw1CBl1.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Pembangunan jalan tol Cileunyi - Garut - Tasikmalaya (Cigatas) belum bisa dilakukan. Pasalnya, saat ini pemerintah masih dalam tahap penetapan lokasi (Penlok) dari proyek tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, memang ada beberapa daerah yang Penloknya sudah rampung. Namun penloknya pembangunan yang nantinya akan jadi prioritas yakni Gedebage - Tasikmalaya belum ditetapkan.

"Jadi ada yang sudah selesai Penloknya ada yang belum. Itu kan Gedebage-Cilacap ruasnya. Nah kemudian yang akan diprioritaskan sampai Tasikmalaya, ini belum semua selesai," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

 Baca Juga: Bangun Tol Cigatas, Jokowi: Hadiah untuk Warga Garut & Tasikmalaya yang Saya Cintai

Danang juga mengaku tak mau terburu-buru dalam membangun jalan tol yang. Mengingat jalan tol ini sendiri tidak masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Meskipun begitu, pihaknya akan tetap mengerjakan agar jalan tol ini bisa dibangun dengan cepat dan maksimal. Dirinya menargetkan jika jalan tol Cigatas ini bisa rampung pada 2020.

"Karena itu prakarsa tidak masuk ke dalam PSN yang kita target. Cuma sebenarnya harapan kita bisa selesai tahun depan. Kan konstruksinya belum mulai juga ini. Tapi anggaran pengadaan lahan bisa kita mulai tahun ini," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan stakeholder yang terkait untuk percepatan penlok. Termasuk juga dengan pemerintah daerah Jawa Barat agar penlok tol yang menghubungkan Bandung hingga Tasikmalaya bisa segera didapatkan penetapan lokasinya.

"Tadi Pak Sekda Jabar juga ke BPJT dan Bina Marga berbicara mengenai bagaimana penetapan lokasi," ujarnya.

 Baca Juga: Pembangunan Tol Cigatas Dimulai 2020

Di sisi lain lanjut Danang, pihak Jasa Marga selaku pemrakarsa jalan tol juga masih harus menyiapkan studi kelayakan atau feasibility study (FS)-nya terlebih dahulu. Termasuk di dalamnya kajian mengenai Amdal.

"Kalau mereka (Jasa Marga) kan sebagai pemrakarsa, jadi harus siapkan FS. kajian trase dan sebagainya. Termasuk kajian amdal dan lain sebagainya. Tapi yang jadi prioritas itu sampai tasikmalaya," ujarnya.

Sebagai informasi, pemerintah berencana membangun jalan tol rute Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas. Wacana tersebut terlontar dari mulut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya di Tasikmalaya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini