nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OJK: Jangan Pernah Meminjam di Pinjaman Online Ilegal

Jamilah, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 11:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 13 320 2017244 ojk-jangan-pernah-meminjam-di-pinjaman-online-ilegal-378NGJYa7b.jpg Ilustrasi Fintech (Foto: Betanews)

JAKARTA - Pinjaman online ilegal kembali makan korban. Sebab pada Senin 11 Februari 2019, terdapat nasabah pinjaman online yang diketahui tewas dengan gantung diri lantaran tidak kuat menghadapi pola intimidasi penagihan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun mengimbau agar masyarakat jangan pernah meminjam uang di pinjaman online ilegal.

"Agar tidak ada lagi korban pinjaman online ilegal, maka JANGAN PERNAH! Meminjam di pinjaman online ilegal," tulis OJK seperti dikutip akun instagram ojkindonesia, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Baca Juga: Pinjaman Online 'Makan Korban', OJK Didesak Ambil Tindakan

Saat ini Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi sudah menutup lebih dari 400 pinjaman online, namun pinjaman online ilegal masih merajalela.

“Jadi jangan pinjam! Kecuali hanya pada perusahaan yang terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," pinta OJK.

OJK, Satgas Waspada Investasi, Kominfo dan Kepolisian sudah menutup lebih dari 400 pinjaman online dan sudah melimpahkan sejumlah kasus kepada Kepolisian, serta masih akan terus menutup pinjaman online yang ilegal.⁣

 Baca Juga: Sopir Taksi Bunuh Diri Akibat Terjerat Utang Online, Ini Surat Wasiatnya

Tercatat, saat ini terdapat 99 perusahaan fintech lending berizin dan terdaftar di OJK. Daftar tersebut bisa dicek di situs OJK.

Jika ada pertanyaan, masyarakat bisa menghubungi OJK ke 157 dan jika terdapat perlakuan yang meresahkan dari pinjaman online laporkan kepada Satgas Waspada Investasi dan pihak yang berwajib.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini