nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aliri Listrik di Rest Area, Jasa Marga Properti Gunakan Energi Terbarukan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 13 320 2017535 aliri-listrik-di-rest-area-jasa-marga-properti-gunakan-energi-terbarukan-PARM8l1IiU.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - PT Jasamarga Properti menyebut akan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mencukupi kebutuhan listrik di rest area. Hal itu dilakukan untuk mengurangi ketergantungan listrik yang berasal dari energi fosil.

"Kami saat ini masih mengkaji untuk EBT listrik, agar tidak bergantung pada energi fosil," ujar Direktur Keuangan dan Pengembangan Jasamarga Properti Dian Takdir di Green Terrace TMII Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Baca Juga: Target Investasi Energi Terbarukan Turun Jadi USD1,79 Miliar

Dia menjelaskan, EBT pembangkit listrik itu dari tenaga angin dan tenaga matahari di rest area tersebut. Pasalnya kedua energi alternatif itu yang bisa diaplikasikan.

"Namun, pembangkit listrik tenaga matahari ini, apabila kebutuhan listriknya besar, kapasitas baterainya juga harus besar. Itu nantinya sangat berpengaruh pada biaya investasi," tuturnya.

Baca Juga: Menko Luhut Minta Solar Hijau Diuji Coba

Dian menuturkan, apabila penggunaan EBT ini dapat dilakukan atau direalisasikan. Maka akan mengurangi biaya pemakaian listrik. "Karena mayoritas rest area yang berada di tol selama ini jauh dari jaringan PLN," katanya.

Dia menambahkan, saat ini sudah terdapat investor yang bersedia untuk menanamkan modalnya dalam pembangunan EBT.

"Ada banyak investor yang mau. Tapi kami selesaikan dulu kajian," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini