nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Tol Trans Mahal, KSP: Jangan Dibandingkan dengan Jagorawi

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 20:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 320 2017579 tarif-tol-trans-mahal-ksp-jangan-dibandingkan-dengan-jagorawi-Vd0lWIxIqV.jpg Ilustrasi Tol Trans Jawa (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Deputi I Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Darmawan Prasodjo tak memungkiri bahwa tarif Tol Trans Jawa, yakni Merak-Surabaya sempat mendapat kritikan karena dianggap terlalu mahal. Saat itu, pihaknya langsung melakukan pengecekan.

Kendati demikian, Darmawan Prasodjo tidak setuju jika mahalnya tarif Tol Trans Jawa karena dibandingkan dengan tol yang telah dibangun sejak lama, sepert Tol Jagorawi dan Tol Cikampek karena biaya pembangunannya yang berbeda.

“Yang menjadi masalah adalah ada aspirasi dari bawah, harganya masih agak kemahalan. Nah ini kita review, seperti apa harganya,” ujar Darmawan Prasodjo saat ditemui di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).

Baca Juga: Jasa Marga Kebut Pembangunan 31 Rest Area, Terbanyak di Tol Trans Jawa

“Dan memang kalau kita lihat jangan dibandingkan juga harga tol ini dengan jalan tol misalnya Jagorawi per kilometernya. Karena dibangun zaman dulu, dan biaya pembangunannya sudah rampung, dan ini sekarang tinggal untungnya. Demikian pula dengan Cikampek, tidak bisa dibandingkan juga,” paparnya.

Tak hanya dibandingkan dengan tol di dalam negeri, Darmawan Prasodjo juga sempat mendengar kabar kalau Tol Trans Jawa dibandingkan dengan salah satu tol di Malaysia. Ia pun mempertanyakan sumber kabar yang berkembang itu.

“Katanya ada tol di Malaysia lebih murah, ini tol yang mana? Apakah yang seperti Jagorawi yang sudah lama yang sudah bapuk? Atau tol yang baru? Dimana pembangunanya masih belum lunas,” ucap Darmawan Prasodjo.

Baca Juga: Dampak Ekonomi Tol Trans Jawa Terasa 5 Tahun Lagi

“Nah kalau kita lihat juga, tiap ruas tol itu tarifnya berbeda-beda. Nah memang kita lihat sejarahnya desain dari Trans Jawa ini dimulai ditahun 1995-1997, tetapi pembangunannya baru dimulai dijaman pemerintah pak Jokowi,” tutupnya.

Sekadar diketahui, tarif tol yang terdapat dalam website resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), total tarif Kendaraan Golongan V (truk dengan lima gandar atau lebih) dari Jakarta-Surabaya senilai Rp1.382.500.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini