nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KSP: Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa sebagai Etalase UMKM

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 20:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 320 2017581 ksp-pembangunan-jalan-tol-trans-jawa-sebagai-etalase-umkm-bPCBSl9AXD.jpg Ilustrasi Jalan Tol (Jasa Marga)

JAKARTA - Deputi I Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Darmawan Prasodjo menyebutkan bahwa manfaat dari pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol yang tengah digodok oleh pemerintah Presiden Joko Widodo tidak hanya untuk konektivitas yang lebih efisien.

Darmawan Prasodjo mengatakan, kalau pembangunan jalan tol ke depannya akan bisa menjadi tempat dari setiap daerah untuk menjajakkan berbagai usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang akan digelar di tempat peristirahatan atau rest area.

Baca Juga: Tarif Tol Trans Mahal, KSP: Jangan Dibandingkan dengan Jagorawi

Dia pun mencontohkan beberapa UMKM yang ada di rest area trans Merak-Surabaya, yakni Jepara dengan industri furniture, misalnya di satu sentra di rest area, Cirebon dengan rotan, dan di Pekalongan dengan industri batik.

“Untuk itu memang sudah ada suatu konsep dimana jalan tol bukan hanya sebagai konektivitas, tetapi sebagai etalase agar UMKM ini hidup,” ujar Darmawan Prasodjo saat ditemui di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).

“Nah ini sedang dalam proses. Dan pada peresmian kemarin, pak Jokowi sudah bagaimana mencontohkan wisata kuliner di jalan tol, di rest area, ada soto, ada sate dan lain-lain,” paparnya.

Untuk kedepannya Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa Jokowi akan lebih mematangkan konsep tersebut. Sehingga, ketika menggunakan trans Jawa masyarakat tidak hanya sekadar mencapai tujuan, tetapi juga disuguhkan berbagai macam usaha-usaha.

Baca Juga: Jasa Marga Kebut Pembangunan 31 Rest Area, Terbanyak di Tol Trans Jawa

“Nah ini kedepannya akan dikembangkan lebih lanjut bahwa akan ada sentra-sentra di jalan tol tersebut. Sehingga nanti perjalanan dari Jakarta sampai Surabaya ini bukan lagi hanya perjalanan mencapaj tujuan,” ungkap Darmawan Prasodjo.

“Dengan adanya konsep ini bagaimana jalan tol bukan lagi untuk bersaing UMKM, tetapi jalan tol ini memulaikan UMKM,” pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini