nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sirkuit MotoGP di KEK Mandalika Bakal Suguhkan Pemandangan Pantai

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 19 Februari 2019 20:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 19 320 2020260 sirkuit-motogp-di-kek-mandalika-bakal-suguhkan-pemandangan-pantai-p0RgaHi7zP.jpg Foto: Sirkuit di KEK Mandalika (Giri/Okezone)

JAKARTA - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berencana membangun sirkuit balap motor untuk event MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwasata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rencananya pembangunan sirkuit sendiri akan dimulai dengan membangun infrastruktur jalan oleh ITDC pada Oktober 2019.

Direktur Konstruksi ITDC Ngurah Wirawan mengatakan, sirkuit untuk MotoGP di Mandalika akan sedikit berbeda dengan track balap di negara lain. Sebab sirkuit ini nantinya menyuguhkan pemandangan yang indah mengingat tempatnya sangat dekat dengan pantai.

 Baca Juga: Sirkuit MotoGP di KEK Mandalika Dibangun Oktober 2019

Sementara di negara lain, biasanya trek balap hanya menyajikan pemandangan gedung-gedung pencakar langit saja. Sebab kebanyakan sirkuit Moto GP terletak di tengah-tengah kota.

"Kita ngelewatin bukit, pantai, danau, view-nya bagus-bagus, kalau di Singapura atau di Monaco kan gedung-gedung semua. Kalau kita kan alam yang natural, Lombok yang indah itu view-nya," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Selain itu, untuk tribun penonton akan dibuat di atas bukit sehingga penonton mendapatkan view yang bagus karena bisa melihat seluruh arena balap. Hal tersebut berbedea dengan sirkuit-sirkuit di negara lain yang mayoritas tribun penontonnya berupa tempat duduk yang sudah diatur sesuai nomor tiket.

Ngurah Wirawan menambahkan, bukan berarti sirkuit di Mandalika itu tidak memiliki tribun penonton. Pihaknya akan tetap menyediakan tribun penonton, namun yang unik, tribun tersebut bisa dibongkar pasang untuk dijadikan lahan komersial.

"Kalau di tempat lain mereka duduk berdasarkan kursi, di kita ada bukit di mana memungkinkan bagi penonton untuk melihat. Jadi di Mandalika banyak bukit-bukit di sana yang bisa dipakai," ucapnya.

 Baca Juga: Gelar MotoGP, KEK Mandalika Bakal 'Kebanjiran' 300.000 Turis

Ngurah Wirawan percaya jika hal tersebut nantinya akan menjadi daya tarik wisatawan luar negeri baik itu dari penonton maupun para pembalap untuk datang ke Mandalika. Bahkan diperkirakan wisatawan yang akan datang untuk menonton MotoGP di Mandalika adalah sekitar 300.000 turis asing.

"Jadi seperti para golfer ya kalau ada lapangan golf baru pasti mereka mau coba. Sama dengan para pembalap, kalau ada sirkuit baru mereka pasti mau coba. Jadi para pembalap itu tertarik mencoba track-track baru yang penuh tantangan. Karena ternyata dari mereka ini kesempatan bagus punya track balap dengan view gunung, view bagus itu jarang tejadi di dunia," katanya.

Ngurah menambahkan, mengenai proses pembangunannya, sebelum menjadi track balap, jalanan tersebut diperuntukkan sebagai jalan biasa untuk berlalu-lalang wisatawan ke hotel. Kemudian setelah Vinci dan dua desainer track balap tersebut menyebut akan membuat track balap barulah ITDC bertugas melebarkan badan jalan yang akan dimulai Oktober mendatang.

"Kami belum bayangkan dibikin arena balap sama mereka. Dari jalan eksisting ini sebagian ditekuk sama mereka. Ini semua jalan biasa tadinya cuma dibikin lebar," ucapnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini