nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sirkuit MotoGP di KEK Mandalika Dibangun Oktober 2019

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 19 Februari 2019 17:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 19 470 2020191 sirkuit-motogp-di-kek-mandalika-dibangun-oktober-2019-kBx0Mvg9rY.jpeg Foto: Okezone

JAKARTA - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengumumkan prioritas kinerja pembangunan infrastruktur yang dilakukan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satu pembangunan yang dilakukan adalah sirkuit MotoGP Mandalika.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan, kepastian tersebut didapatkan setelah pihaknya mendapatkan investor yakni Vinci untuk membangun salah satu sirkuit MotoGP.

"Investornya Vinci yang menggarapnya dia. Kita cuma bangun infrastrukturnya," ujarnya dalam acara konferensi pers di Bebek Bengil, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Baca Juga: ITDC Raih Pembiayaan Rp3,6 Triliun dari AIIB Selama 35 Tahun

Rencananya, lanjut Abdulbar, pembangunan fasilitas jalan akan dilakukan pada Oktober 2019 mendatang. Pembangunan jalan sendiri diperkirakan akan rampung dalam 6-9 bulan.

"ITDC berkewajiban membangun badan jalan. Vinci nanti membuat lapisan sirkuit. Sejak awal ,asterplan kami ada. Sebelum datang ini sudah ada . Dari jalan existing ini sebagian ditekuk sama dia. ITDC dibangun mulai Oktober. 6-9 bulan jadi. Semester 2 tahun 2020 dilapisi oleh Vinci," jelasnya.

Setelah itu, lanjut Abdulbar, pihak Vinci yang akan melanjutkan pembangunannya dengan melapisi aspal yang sudah dibangun dengan aspal balap. Termasuk juga pembangunan tribun dan fasilitas penunjangnya yang akan dilakukan oleh Vinci.

Abdulbar menambahkan, diperkirakan seluruh track balap sudah bisa rampung seluruhnya pada akhir 2020. Sehingga pada 2021 sudah bisa digunakan untuk balap Moto GP.

"Kami mulai Oktober ini pembentukan jalannya. Ada beberapa terowongan yang saya buat. Karena musti nyambung-nyambung. Nanti 2020 udah lebih rapih," jelasnya.

Baca Juga: Menko Luhut: Bintan Bisa 2 Kali Lebih Besar dari Singapura

Abdulbar mengakui jika Indonesia sudah dipastikan akan menjadi salah satu tuan ramah balap motor bergengsi tersebut. Hal tersebut setelah dilakukannya penandatanganan dengan pihak penyelenggara moto GP di Madrid beberapa waktu lalu.

"Secara legalitas sudah ada dua. Sebenarnya nanti mereka ada world announce. Kita akan sampaikan kepada media dan akan mendapatkan race pada 2021," ucapnya

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini