nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Bus Tol Trans Jawa, Tarifnya di Bawah Tiket Kereta Api

Selasa 26 Februari 2019 17:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 26 320 2023108 ada-bus-tol-trans-jawa-tarifnya-di-bawah-tiket-kereta-api-t2RlqsNGg9.jpeg Foto: Instgram Kementerian BUMN

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah fokus mempersiapkan bus tol Trans Jawa dalam waktu dekat. Hal ini melihat minat masyarakat yang besar kepada moda transportasi darat ini setelah kenaikan tiket pesawat beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan aspirasi masyarakat mengenai bus tol Trans Jawa baik dari segi tarif, pelayanan, hingga waktu tempuhnya. Kemudian, hasil tersebut akan dikaji sebelum akhirnya dilakukan eksekusi.

"Minggu depan saya akan mulai memfokuskan diri untuk membangun bus tol Trans Jawa. Minggu depan akan dipaparkan Badan Litbang mengenai masalah opini masyarakat setelah itu baru eksekusi," ujarnya di Marlynn Park Hotel, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Baca Juga: Tarif Tol Trans Jawa Disebut Mahal, Menko Luhut: Jangan Buru-Buru Menilai

Untuk saat ini, Kemenhub berencana membuat bus tol Trans Jawa ini waktu tempuhnya minimal sama dengan kereta api dengan tujuan yang sama. Hal ini agar dapat membedakan moda transportasi darat tersebut.

"Kalau sepintas saya katakan untuk waktu harus lebih cepat, minimal sama dengan kereta api, harga di bawah kereta api," kata dia.

Selain itu, bus ini rute perjalanannya hanya melewati tol Trans Jawa dan tidak keluar ke jalan nasional biasa. Dengan demikian, diperlukan terminal-terminal di dalam tol dengan mengalihfungsikan beberapa rest area yang ada.

jalan tol

"Kalau rest area jadi terminal, saya sudah minta ke PUPR dan Jasa Marga di antara sekian rest area akan ada yang kita fungsikan sebagai terminal sehingga akan merubah sedikit regulasi Peraturan Menteri PUPR," ucapnya.

Dengan dialihfungsikan rest area tersebut, pihaknya membutuhkan infrastruktur baru yang bisa menunjang terminal bus. Namun, hal ini menurutnya bisa dilakukan secara bertahap seiring beroperasinya bus tol Trans Jawa ini.

Diperkirakan untuk tahap awal akan disiapkan 20-30 unit bus yang akan mengangkut penumpang antarprovinsi di Pulau Jawa. "Tapi nanti kalau udah terbentuk bagus mungkin akan kita tingkatkan beberapa rest area untuk menjadi tempat terminal," tuturnya.

(iNews)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini