Kepala BKPM Optimistis Banyak Investor Masuk di Tahun Politik

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2019 20:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 26 320 2023206 kepala-bkpm-optimistis-banyak-investor-masuk-di-tahun-politik-XaxfoW8cCg.jpg Foto Investasi (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus melakukan cara agar investasi asing masuk di tengah tahun politik. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pun optimis investasi di tahun politik bisa bertumbuh.

"Terus terang kalau kita lihat trend investasi di dua bulan pertama, bahkan jelang akhir tahun lalu. Itu mencerminkan sentimen investor yang sangat optimis. Jadi, menjelang akhir tahun lalu dan kelihatan di awal tahun ini, ada recovery yang cukup kuat. Oleh karena itu trendingnya pertumbuhan sudah kembali," ujar Kepala BKPM Thomas Lembong, di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Baca Juga: Indonesia Tawarkan Investasi ke 50 Pengusaha AS

Dia menjelaskan, pasar sangat optimis dengan harapan hasil pemilu akan damai tertib dan aman. Kemudian, ekonomi dalam posisi yang baik.

"Datanya makro ekonomi, secara trending di ekonomi digital, harga komoditas, pertumbuhan konsumsi, semua tentunya posirif untuk innvestor," tuturnya.

Baca Juga: Mohammed bin Salman Investasi Rp1.404 Triliun di India

Dia menuturkan, yang perlu dijaga pada tahun politik terkait investasi ini yakni menjelang Pemilu. Berarti hanya 4 bulan, masih ada 8 bulan lagi untuk investasi kembali normal dan BKPM menarget investasi tahun ini bisa double digit, di atas 10%.

"Oleh karena itu, saya sih menginterpretasikan kenaikan investasi di awal tahun ini sebagai perilaku mulai siap-siap untuk pemerintah ekonomi kembali normal. Tidak lagi terbebani tekanan politik terkait pemilu. Karena masih ada 8 bulan lagi, untuk ekonomi menikmati rebound dari perlambatan," ungkapnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini