Share

Tol Dianggap Pembunuh Bayaran, Begini Respons Menhub

Anggun Tifani, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 28 320 2024220 tol-dianggap-pembunuh-bayaran-begini-respons-menhub-1MkbEpt7Zm.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: Okezone)

TANGERANG - Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga (BPN) menganggap jalan tol sebagai pembunuh bayaran. Hal itu disampaikan Juru Bicara BPN Dian Fatwa.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memiliki langkah tersendiri untuk mengantisipasi persiapan jalan tol untuk mudik 2019. Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan, adanya anggapan tersebut kembali lagi kepada kebiasaan pengemudi yang seharusnya mengedepankan keselamatan.

"Kalau pembunuh bayaran tergantung orangnya, kalau hati-hati Insya Allah enggak. Jadi bisa dipastikan jalan tol layak sekali," ujarnya di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Kamis (28/2/2019).

Baca Juga: Bayar Tol Tanpa Berhenti Ditargetkan 2020

Budi mengungkapkan, untuk keselamatan pengendara di jalan tol, pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat. Bahkan tidak mungkin pihaknya akan membatasi kecepatan mobil yang melintas di jalan tol.

"Kecepatan diatur, mobil mesti siap, ada rambu-rambu dan sebagainya. Bukan tidak mungkin kita terapkan regulasi bahwa kecepatan maksimal berapa 100-120 di luar itu kita tilang," tegasnya.

Baca Juga: Tol Semarang-Demak Juga Berfungsi sebagai Tanggul Rob

Atas hal tersebut, Budi memastikan mudik tahun ini akan menjadi lebih nyaman. "Kami sudah mempersiapkan mudik ini pasti akan lebih seru. Karena orang bisa menggunakan tol dan pasti keinginan untuk mudik jadi lebih banyak. Jadi isunya bukan kemacetan tapi keselamatan," ucapnya.

Sebagai informasi, Jubir BPN Prabowo-Sandiaga Dian Fatwa menuding jalan tol yang dibangun oleh Presiden Joko Widodo sebagai pembunuh bayaran, dikarenakan permukaan jalan yang dibangun dengan rigid beton.

Menurutnya, dengan jenis beton tersebut dapat membuat gesekan antara ban yang jika berjalan dengan kecepatan tinggi, akan cepat panas dan membuat ban cepat meletus seperti diamplas

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini