nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Februari Deflasi 0,8%, Menko Darmin: Sumbernya dari Bahan Makanan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 15:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 01 320 2024508 februari-deflasi-0-8-menko-darmin-sumbernya-dari-bahan-makanan-p6T3uNqjXH.jpg Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan pada Februari 2019 terjadi deflasi sebesar 0,08% (month to month/mtm). Laju ini lebih terkendali dari Januari 2018 yang mengalami inflasi sebesar 0,32%.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan salah satu faktor pemicu terjadinya deflasi adalah turunnya sejumlah harga makanan. Khususnya pada komoditas pangan seperti ayam dan telur.

Selama Februari, harga daging ayam yang selama ini selalu naik mulai turun. Tak terkecuali juga pada harga telur ayam yang memang belakangan menjadi penyebab inflasi karena harganya yang melambung.

Baca Juga: Februari Deflasi, Harga Daging Ayam hingga Cabai Merah Turun

"Sumbernya di bahan makanan, terutama ayam, telur dan bumbu-bumbuan seperti cabai dan bawang," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Sementara itu, harga komoditas pangan lainnya seperti cabai dan juga bawang juga Darmin menyebut ada penurunan. Pasalnya, pada bulan Februari ini stok kedua komoditas pangan tersebut melimpah sehingga harganya pun terkendali.

Darmin Nasution

Melimpahnya stok dikarenakan pada Februari ini merupakan musim panen raya yang memang mengalami molor dari waktu sebelumnya. Sehingga yang tadinya sempat menipis pada awal tahun ini stok kedua bahan pokok ini sudah mulai tersedia dengan baik.

Meskipun begitu kedua komoditas pangan ini tidak terlalu berpengaruh secara signifikan terhadap angka deflasi. Sebab kontribusi utama penyebab deflasi adalah dari harga ayam ras dan telur.

"Harga pangan lainnya juga turun tapi memang tidak signifikan tapi dia enggak minus," ucapnya.

(kmj)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini