Siapkan Kebijakan Presiden, Ini Tugas Berat CPNS Lingkungan Istana

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 04 320 2025774 siapkan-kebijakan-presiden-ini-tugas-berat-cpns-lingkungan-istana-VLHMXUtTDp.jpg Tugas Beras CPNS Setkab (Dok Setkab)

JAKARTA - Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab) Ratih Nurdiati menyampaikan paparan kepada 34 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) tahun 2019, di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung III Kemensetneg, Jakarta.

Pada kesempatan ini, Waseskab menjelaskan tugas dan fungsi Sekretariat Kabinet. Selain itu juga menjelaskan mengenai pola kerja di Sekretariat Kabinet, kewenangan strategis Sekretariat Kabinet, juga dinamika-dinamika yang terjadi di dalamnya.

“Anda baru masuk tapi kebijakan yang akan diputuskan oleh Presiden itu Andalah yang menyiapkan,” kata Waseskab seperti dikutip laman setkab, Jakarta, Senin (4/3/2019).

 Baca Juga: 116 Peserta Lulus CPNS Lingkungan Istana, Ini Berkas yang Wajib Dibawa

Waseskab juga menyampaikan proses perumusan kebijakan di bidang Polhukam, Ekonomi, PMK, dan Kemaritiman dalam menerjemahkan arahan presiden ataupun usulan Kementerian/Lembaga (K/L).

Untuk itu, Waseskab meminta agar para CPNS segera mempelajari aturan-aturan, cepat menyerap informasi yang ada dan mengenali mitra dari kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Para CPNS nantinya, tegas Waseskab, harus mampu menganalisis dan membuat rekomendasi-rekomendasi kebijakan yang akan diberikan kepada presiden. “Merumuskan rekomendasi atas rencana kebijakan program pemerintah, itulah salah satu tugas Saudara-saudara nantinya,” tuturnya.

Waseskab menyampaikan bahwa para CPNS harus bangga menjadi bagian dari Sekretariat Kabinet. Hal ini karena Setkab berada di ring satu. “Seleksinya ketat, saudara-saudara melewati proses itu dan, sifat pekerjaan yang dekat sekali dengan Presiden,” ujarnya.

 Baca Juga: Menpan Beri Wejangan ke PNS Baru: Harus Kritis

Namun, Waseskab juga mengingatkan bahwa semua kebanggaan tadi memiliki tanggung jawab. “Kita ini dibayar oleh 260 juta penduduk Indonesia, no free lunch. Bekerja dengan tanggung jawab, berkomitmen. Anda harus tanamkan itu,” pesan Waseskab.

Di akhir diskusi, Waseskab kembali mengingatkan agar para CPNS terus mengembangkan diri dan cepat merespons, harus bisa memberikan pelayanan yang tepat dan cepat karena membantu tugas presiden dalam menjalankan pemerintahan.

“Jadi saya ucapkan selamat bekerja, anda berada di tempat yang baik. Bersemangatlah di sini, bergembira, jangan lepas kontrol. Ingat 260 juta orang membayar anda. Saya kira demikian, selamat berorientasi lebih lanjut,” katanya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi Tata Laksana (Ortala) Ratih Mayangsari.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini