nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akuisisi Shuttle Bus Cititrans, Blue Bird Rogoh Rp115 Miliar

Rabu 06 Maret 2019 12:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 06 278 2026512 akuisisi-shuttle-bus-cititrans-blue-bird-rogoh-rp115-miliar-emHl9LAnQA.jpg Foto: Okezone

JAKARTA – Pacu pertumbuhan bisnis di tahun politik, PT Blue Bird Tbk (BIRD) terus aktif dalam pengembangan bisnis. Belum lama ini, emiten transportasi ini melakukan pembelian bisnis angkutan darat dengan sistem antar jemput atau shuttle antar kota antar provinsi dengan merek Cititrans. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Melansir Harian Neraca, Rabu (6/3/2019), disebutkan, pembelian bisnis shuttle tersebut dilakukan melalui salah satu anak perusahaannya yakni PT Trans Antar Nusabird dari PT Citra Tiara Global dengan harga pembelian bisnis sebesar Rp115 miliar dengan menggunakan modal usaha perseroan. PT Citra Tiara Global selaku penjual merupakan perseroan terbatas yang berkedudukan di Bandung, Jawa Barat, yang bukan merupakan pihak terafiliasi dari perusahaan maupun PT Blue Bird Tbk.

Adapun, pembelian yang dilakukan BIRD tersebut meliputi aset-aset kendaraan, hak kekayaan intelektual, perjanjian-perjanjian dengan pihak ketiga, karyawan kunci dan pengemudi, serta liabilitas. Perseroan menjelaskan, pembelian bisnis tersebut merupakan milestone penting dalam rencana strategis Blue Bird Group untuk diversifikasi usaha dan membangun keberadaan yang lebih kuat dalam pasarupper mass.

Baca Juga: Gandeng Mitsubishi, Blue Bird Bentuk Joint Venture Perusahaan Lelang

Manajemen Bird menjelaskan bahwa pembelian bisnis tersebut tidak berdampak negatif terhadap kondisi keuangan perseroan. Lebih lanjut, dampak terhadap kegiatan operasional setelah pembelian bisnis itu akan menunjang kegiatan operasional perseroan dan Blue Bird Group. Sementara itu, dampak terhadap kelangsungan usaha perseroan akan menunjang kegiatan operasional perseroan dan Blue Bird Group.

Sebagai informasi, tahun ini perseroan juga fokus pengembangan bisnis angkutan antar kota antar provinsi (AKAP). Michael Tene, Head of Investor Relations BIRD pernah bilang, perseroan saat ini sudah mengoperasikan shuttle untuk tujuan Jakarta-Bandung. Di mana prosesnya dapat dipesan melalui e-commerce Traveloka.

Baca Juga: Blue Bird Bikin Anak Usaha Baru, Investasinya Rp400 Miliar

Selain itu, Michael juga menuturkan terkait angkutan bandara juga sudah disiapkan armada dari pihak Blue Bird. Dimana untuk angkutan bandara sudah ada armada Blue Bird di Jakarta Airport Connexion yaitu shuttle dari beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya menuju ke Airport Soekarno Hatta. Dirinya menjelaskan, potensi bisnis shuttle memiliki nilai positif, apalagi dipengaruhi oleh tol elevated Cikampek akan rampung di pertengahan tahun 2019.

Maka akan membuat perjalanan ke Bandung ataupun ke Jawa tengah lebih nyaman dibandingkan sekarang. Oleh karena itu, perusahaan akan memfokuskan kepada pergantian kendaraan dan peningkatan utilisasi kendaraan operasi. Kemudian untuk menunjang ekspansi bisnis tersebut, termasuk pembelian armada baru, perseroan mengalokasikan belanja moda atau capital expenditure (Capex) sekitar Rp 1,5 triliun.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini