nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini Kendala Perizinan Online Terpadu di Daerah

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 14:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 06 320 2026587 ternyata-ini-kendala-perizinan-online-terpadu-di-daerah-eUzhenwCaI.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Pemerintah telah resmi meluncurkan perizinan online terpadu atau yang biasa disebut Online Single Submission (OSS). Namun OSS ini, masih mendapatkan keluhan dari masyarakat kepada pemerintah daerah.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM Yuliot mengatakan, ada beberapa kesulitan yang disampaikan oleh masyarakat di daerah terkait OSS. Seperti mereka juga harus mempelajari terlebih dulu untuk sistem baru ini.

"Kalau yang selama ini kebiasaan di daerah mereka ini bawa dokumen yang kemudian datang ke kantor dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu, ya ini seluruh perizinan sudah bisa diselesaikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)," ujarnya di Kantor BKPM Jakarta, Rabu (6/3/2019).

 Baca Juga: Jokowi Punya Kopi Mantap Kawal Investasi di Indonesia

Tapi, lanjut dia, meskipun melalui sistem namun di daerah ada kendala juga pada saat mereka itu masuk ke dalam sistem yang mungkin itu harus memahami terlebih dulu sistemnya.

"Lalu ada juga kemungkinan mungkin ini bandwidth di daerah tidak sama, Jadi mereka juga ada kesulitan untuk mengajukan aplikasinya, apalagi pada saat padat traffic di dalam sistem itu agak lambat," katanya.

Dia menuturkan, dari kendala-kendala yang sudah ada, BKPM sudah mencoba untuk melakukan evaluasi secara berkala kendala-kendala tersebut. Itu untuk dari sisi pengguna dari dunia usahanya

"Kalau dari sisi aparaturnya sendiri permasalahan yang mereka hadapi adalah bagaimana memahami sistem ini. Dan juga bagaimana memfasilitasi dunia usaha untuk menggunakan sistem ini," katanya.

 Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Luncurkan "Kopi Mantap", Apa Itu?

Dia menambahkan, bagi daerah akan melakukan pelatihan, kemudian rapat koordinasi dalam rangka memberikan pemahaman ke daerah karena dalam implementasi dari daerah ada juga yang terkait dengan dinas.

"Oleh karena itu, kita mengharapkan gubernur, bupati, wali kota ini bisa menyampaikan kepada aparatur di daerah dengan adanya OSS mereka juga harus siap untuk menerima jenis-jenis perizinan yang ada di OSS," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini