nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menperin Sebut Lulusan Akademi Apple Berkelas Dunia

Selasa 12 Maret 2019 21:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 12 320 2029126 menperin-sebut-lulusan-akademi-apple-berkelas-dunia-XOgepVvDZI.JPG Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

TANGERANG - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengakselerasi pertumbuhan pusat inovasi untuk menopang daya saing industri nasional. Langkah strategis ini sesuai penerapan peta jalan Making Indonesia 4.0 sebagai persiapan memasuki era digital.

“Selain meningkatkan kegiatan penelitian dan pengembangan, upaya tersebut juga memacu sumber daya manusia (SDM) di Indonesia agar lebih kompeten. Ini merupakan amanat dari Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto pada acara The First Apple Developer Academy Graduation Fair di BSD City, Tengerang, Banten, Selasa (12/3/2019).

Menperin memberikan apresiasi kepada perusahaan teknologi Apple yang telah merealisasikan komitmen untuk mendirikan Apple Developer Academy di Indonesia. Lokasi yang dibangun di BSD City menjadi yang pertama di Asia dan ketiga dunia setelah Brasil dan Italia.

Baca Juga: Apple Buka Lowongan Kerja, Dicari 1.400 Teknisi Software

“Yang dilakukan Apple Indonesia ini berperan penting pula guna menciptakan produk yang bernilai tambah tinggi,” ujarnya.

Bahkan, sejalan dengan kebijakan pemerintah mendorong pengoptimalan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Pendirian akademi ini bagian dari proposal Apple untuk memenuhi ketentuan regulasi mengenai TKDN.

Baca Juga: Akankah Apple Bernasib Sama seperti Nokia?

Dalam proposalnya, PT Apple Indonesia memilih skema penghitungan TKDN berbasis pada pengembangan inovasi dengan nilai total investasi sebesar USD44 juta dengan jangka waktu tiga tahun, terhitung sejak tahun 2017.

Kesungguhan PT Apple Indonesia dalam membangun pusat inovasi di Indonesia telah ditunjukkan dan akan segera diresmikannya. Ditambah beroperasinya Apple Developer Academy yang kedua di Surabaya dan yang ketiga di Nongsa Digital Park, Batam pada tahun 2019.

Menperin optimistis, hadirnya pusat inovasi yang dibangun oleh Apple akan mampu menghasilkan pengembang yang dapat memberikan manfaat di tengah perkembangan era revolusi industri 4.0 di Indonesia. “Para lulusannya ini mempunyai kompetensi yang world class,” tegasnya.

Di samping itu, Apple Developer Academy bertujuan menantang dan menginspirasi siswa melalui pendekatan berbagai bidang dalam pengajaran dan pembelajaran. Selain itu, menjadi wadah yang disediakan oleh Apple untuk memberikan siswa mengenai kemampuan dalam membuat ide mereka menjadi aplikasi dan dipasarkan melalui App Store.

“Berdasarkan laporannya, sebanyak 70 perusahaan dari berbagai macam sektor sudah datang ke akademi sini. Mereka menghendaki talent-talent di sini segera dipekerjakan, sehingga demand-nya semakin tinggi. Lulusan ini juga didorong menjadi entrepreneur,” papar Airlangga.

(Rina Anggraeni-Sindonews)

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini