nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AirAsia Disebut Jadi Maskapai Idola Wisatawan Mancanegara

Anggun Tifani, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 16:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 21 320 2033161 airasia-disebut-jadi-maskapai-idola-wisatawan-mancanegara-coXXySYjPO.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

TANGERANG - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan sejumlah maskapai yang menjadi andalan bagi wisatawan mancanegara, untuk mengunjungi Indonesia.

Arief mengatakan, ada tiga besar maskapai yang sering digunakan oleh wisatawan mancanegara, yakni Air Asia, Lion Air dan Garuda Indonesia.

"Kita harus akui Air Asia group 25 persen, Lion Air 15 persen dan yang ketiga itu baru Garuda Indonesia sebesar 13 persen," ujarnya saat kunjungan kerja di Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (21/3/2019).

Posisi Air Asia tersebut, didukung juga dengan peningkatan dari sisi sheet capacity, daripada dua maskapai lainnya yang berada dalam posisi tiga besar tersebut.

"Dari sisi sheet capacity Air Asia terbesar 22 persen Lebih Air 17 persen. Kalau Garuda kita lihat memang landai-landai saja, tapi masih baik," tuturnya.

Baca Juga: AirAsia Bentuk Capital Fund di Amerika, Siap Modali Startup!

Sementara itu, Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, untuk mendukung peningkatan sektor pariwisata Indonesia dari sisi bandara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan PT. Angkasa Pura II saat ini tengah menggalakkan program Low Cost Carrier Terminal (LCCT).

Awaluddin mengatakan, penerapan LCCT akan dilakukan pertama kalinya di Terminal 2F, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Fakta-Fakta AirAsia-Traveloka Saling Tuding soal Tiket

"Untuk low cost carrier terminal nanti akan didominasi oleh layanan self check in. Mereka kan backpaker, budget traveller, millenial yang baik datang maupun keluar, jadi memang kategori ini agak sedikit kita bedakan," imbuhnya.

Kategorisasi Low Cost Carrier Terminal ini, diperuntukkan agar meningkatkan kenyamanan dan fleksibelitas wisatawan mancanegara, dalam hal kenyamanan pelayanan bandara. Nantinya, konsep tersebut juga akan diterapkan untuk terminal lainnya di Bandara Soetta.

"Jadi nanti terminal 3 full service carrier, terminal 2 itu akan ada low cost carrier internasional dan low cost carrier domestic. Nah yang terminal 1 itu low cost carrier domestic," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini