nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Teknologi, JK: Kalau Tak Dimulai Ketinggalan Terus

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 13:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 28 320 2036097 soal-teknologi-jk-kalau-tak-dimulai-ketinggalan-terus-pcLCmnfO3m.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta kepada seluruh instansi pemerintahan baik di pusat maupun daerah untuk mulai menggunakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sebab menurutnya, dengan sistem baru ini bisa mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Lagi pula lanjut JK jika tidak mulai menggunakan teknologi, maka lama kelamaan akan tertinggal. Sebab, teknologi perkembangannya begitu pesat dan pertumbuhannya dua kali lipat setiap tahunnya.

"Apabila tidak dimulai dari sekarang akan ketinggalan terus. Teknologi ini berkembangnya dua kali lipat setiap satu setengah tahun," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

 Baca Juga: Arcandra Tahar Sebut Ilmu di Google Lebih Besar Dibandingkan Universitas

Sebagai saah satu contohnya adalah bagi Kepala Daerah, lewat sistem ini bisa mempermudah koordinasi antara pimpinan daerah dengan bawahannya. Karena hanya cukup menggunakan handphone atau laptop yang terkoneksi internet, perintah bisa segera diterima

"Handphone lebih kuat dibandingkan komputer yang mendaratkan Apolo di bulan, sehingga bisnis dan pemerintahan bisa diatur dari mana saja. Pak gubernur, pak bupati bisa memerintahkan bawahannya dari kantornya," katanya.

JK menambahkan, selain itu lewat sistem ini juga bisa mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Sebagai salah satu contohnya adalah dalam mengurus dana dan Surat Keputusan (SK) Pensiun.

"Kalau dulu pegawai yang pensiun datang ke Jakarta bawa sesuatu dia keluar slip untuk mendapatkan pensiunnya. Sekarang otomatis keluar dan bisa keluar SKnya," jelasnya.

 Baca Juga: Wamen ESDM Beberkan 3 Kunci Peningkatan SDM Sektor Kelistrikan

Selain itu lanjut JK, adanya sistem ini juga bisa mendatangkan banyak investor ke daerah. Bagaimana tidak para investor tidak perlu lagi datang ke kantor untuk meminta izin ataupun meminta keringanan pajak.

"Secara nasional diperlukan OSS minta izin tax holiday cukup dari kantor saja," kata JK.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini